Windows Phone Store, Nama Baru Windows Phone Marketplace

Assalamu’alaikum :)

Windows Phone Store, Nama Baru Windows Phone Marketplace (abangfadli). Beberapa hari setelah peluncuran Nokia Lumia baru yang berbasiskan OS terbaru milik Microsoft, Windows Phone 8 (WP8). Microsoft kembali membuat perubahan terhadap salah satu fitur yang paling sering digunakan pada OS tersebut, yaitu perubahan nama WP Marketplace menjadi WP Store di mana WP Store menjadi lebih User Friendly.

Perubahan yang signifikan muncul dari Design yang ditata ulang dan algoritma yang disempurnakan.

Salah satu alasan dari perubahan ini adalah untuk menyamakan nama Windows Phone Store dengan Windows Store yang tersedia di Windows 8. Bahkan antara Windows Phone Store dan Windows Store memiliki icon yang sama :

(Gambar : Windows Team Blog)

Microsoft mengatakan bahwa dengan Windows Phone Store yang baru ini, pengguna Windows Phone akan jauh lebih mudah dalam mencari aplikasi-aplikasi bermutu.

Apa saja yang berubah?

URL

Windows Phone Store sudah dapat diakses melalui URL : http://www.windowsphone.com/en-US/store. Atau anda dapat mengunjungi Situs Windows Phone (www.windowsphone.com) dan mengklik tab “Apps+Games” yang dulunya bernama “Marketplace

Design

Design baru yang ditampilkan di Windows Phone Store sudah disesuaikan dengan aturan dari Windows 8 UI. Sehingga akan terlihat lebih menyatu dengan tampilan di Windows Phone 8 dan Windows 8.

Spotlight

Ketika anda masuk ke halaman Windows Phone Store, anda akan disuguhkan dengan kumpulan aplikasi dan games yang masuk dalam kategori Spotlight. Kategori Spotlight ini adalah kategori untuk aplikasi dan game yang baru masuk ke Windows Phone Store, namun memiliki kualitas yang bagus. Aplikasi dan Games yang masuk dalam kategori Spotlight dipilih langsung oleh Microsoft itu sendiri.

Pengkategorian Aplikasi + Games

Ketika namanya masih Windows Phone Marketplace, ada tiga tab yang memiliki label “New”, “Free” dan “Top Apps”. Namun sekarang, Windows Phone Store memiliki 4 tab yang memiliki label “Featured”, “Top Free”, “Top Paid”, “New+Rising” dan “Top Rated”.

Pencarian Aplikasi Menggunakan Bing

Pencarian Aplikasi sekarang menggunakan fitur Bing. Hal ini akan membuat user menemukan aplikasi yang dia inginkan atau aplikasi yang berkaitan dengan yang dia inginkan, misalnya :

  1. Ketika user mengetik “Twiter” maka akan ditampilkan “Twitter”
  2. Ketika user mengetik “Guitar” akan ditampilkan beberapa aplikasi yang berkaitan dengan “Guitar”
  3. Ketika user mengetik “Sport” maka akan ditampilkan aplikasi yang memiliki kategori Sport; Sepak bola, basket dll.

Microsoft mengatakan bahwa Marketplace Windows Phone Store akan tersedia mulai dari Australia dan New Zealand dan segera menyebar ke seluruh dunia.

Maka dari itu, untuk anda yang memiliki Windows Phone harus sedikit bersabar untuk mendapatkan Windows Phone Store ini.

Dan Microsoft dalam blognya juga mengatakan bahwa mereka akan terus mengupdate layanan mereka sesuai dengan masukan dan pendapat para penggunanya. Jika anda adalah pengguna Windows Phone, maka anda dapat menyalurkan pendapat anda di

Windows Phone Feature Suggestion Box

Sekian dari saya.

AbangFadli, out :cool:

Wassalamu’alaikum :kr

Referensi :

Windows Team Blog | Coming soon: A new website and online app store

Incoming search terms:

  • kumpulan aplikasi windows phone
Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco