Windows Hello: Login Windows 10 Dengan Jari, Tangan atau Muka

Assalamu’alaikum :)

2 bulan yang lalu Microsoft memperlihatkan Windows 10 dan segala kecanggihannya. Microsoft bertujuan membuat Windows 10 membantu peralatan komputer menjadi lebih personal, yaitu lebih dari sekedar personal computer yang kita kenal saat ini. Microsoft ingin komputer dapat mengenali kita, dapat mengerti apa yang kita ucapkan dan lain-lain.

Salah satu yang menjadi concern Microsoft dan yang akan kita bahas di sini adalah bagaimana komputer dapat dengan cepat mengenali kita sehingga kita bisa mengakses komputer tersebut. Microsoft pun menawarkan cara baru yang ter-integrasi pada OS Windows 10 yaitu Windows Hello. Dengan Windows Hello, anda akan dapat mengakses komputer dengan menggunakan sidik jarimuka, atau iris (selaput pelangi).

Saat ini, mekanisme yang digunakan adalah menggunakan password. Tapi, ternyata password memiliki beberapa kelemahan.

Kelemahan sistem “Password”

Jika anda ingin mengakses komputer anda, maka anda harus memasukkan password baru bisa mengaksesnya bukan? Jadi password di sini adalah kunci untuk mengakses komputer anda. Tapi ternyata password itu sangat tidak mengenakkan dan tidak aman, kenapa?

Pertama, password itu sangat mudah dibobol dengan menggunakan metode brute-force jika password tersebut tidak rumit atau password tersebut hanyalah kata-kata sederhana. Contohnya: “ini adalah password“. Bahkan password akan sangat mudah dibobol jika ada kaitannya dengan pribadi kita, misal tanggal lahir, nama panjang, dan lain-lain.

Kita bisa mengatasinya dengan cara menggunakan password yang terdiri dari gabungan angka dan simbol seperti  “[email protected]_passW0rD“. Namun, kita ingin password kita dapat diingat dengan mudah bukan? sehingga kita dihadapkan ke dua pilihan:

  1. Memilih password yang simple, tapi mudah dibobol… atau
  2. Memilih password yang rumit yang sulit diingat, sehingga kita mungkin menulisnya di kertas

Apapun pilihan anda, terdapat kelemahan terhadap sistem kerja password.

Jadi solusinya? Windows Hello

Tonton dulu videonya:

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Windows 10 dapat mengenali anda menggunakan deteksi wajah, sidik jari atau iris. Jadi anda dan hanya anda lah yang dapat mengakses komputer anda tersebut. Bukan sekumpulan karakter yang dapat dengan mudah anda lupakan atau dapat dengan mudah hilang ketika anda menulisnya di kertas.

Fitur ini akan tersedia di perangkat yang menggunakan Windows 10 dengan catatan memiliki hardware yang dibutuhkan. Login menggunakan sidik jari butuh finger-print reader. Login dengan iris/muka membutuhkan hardware seperti sensor biometrik, sensor kamera infra-merah untuk dapat bekerja dengan baik.

Gimana kalo cahayanya kurang? Masih kedeteksi mukanya?

Yup… Windows Hello menggunakan kombinasi software dan hardware yang canggih sehingga dapat mendeteksi muka dan mata di berbagai macam kondisi cahaya (dicontohkan di video).

Tinggal taro foto orang yang punya aja di depan kamera, beres.

Enggak bisa… Windows Hello ini sudah cerdas sehingga bisa membedakan mana orang asli dan mana foto. Jadi dengan meletakkan foto saya di depan laptop saya tidak akan bisa membuka laptop saya. Saya harus benar-benar ada di sana (dicontohkan di video).

Oke… Tapi ternyata butuh hardware extra. Bayar lagi dong?

Tenang saja, Microsoft saat ini sedang berkerja sama dengan partner mereka untuk menghadirkan perangkat-perangkat laptop / PC yang hardwarenya sudah support Windows Hello. Sebagai contoh, semua OEM yang menggunakan kamera Intel® RealSense™ 3D Camera(F200) akan dapat menggunakan Windows Hello dengan muka dan mata! Bahkan sekarang sudah ada laptop Acer yang menggunakan teknologi kamera Intel ini, contohnya Acer Aspire V17 Nitro (link)

Berguna banget kan fiturnya? Kira-kira apa lagi ya fitur hebat yang akan dihadirkan di Windows 10?

Sumber: Microsoft Blogs

Wassalamu’alaikum :kr

Incoming search terms:

  • cara mengaktifkan windows hello
  • cara mengaktifkan fingerprint pada laptop asus
  • https://www abangfadli com/windows-hello-login-windows-10-dengan-jari-tangan-atau-muka
  • cara setting finger Asus notebook
  • cara mengaktifkan fingerprint di windows 10
  • tutorial menggunakan windows hello
  • cara setting fingerprint di laptop hp windows 10
  • cara mengaktifkan fingerprint pada laptop hp
  • cara aktifin fingerprint laptop asus
  • windows hello in windows 10
Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

2 Responses

  1. agung says:

    wow keren abiz ya fitur dari windows 10 ini, jadi kayak di filem2 futuristik itu…

  2. tutorial89 says:

    windows hello itu letaknya dimana yah?
    dan cara aktifin fingerprint itu gimana. saya udah liat videonya tapi masih belum paham caranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco