WhatsApp-an di PC Pake Browser

Assalamu’alaikum :)

Sekilas tentang WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu platform chatting yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Walaupun ketenarannya kalah dibandingkan LINE di negara-negara Asia seperti Indonesia, WhatsApp masih memiliki user base yang jauh lebih besar dibandingkan dengan LINE.

WhatsApp pun menjadi aplikasi chatting favorite saya. Instalasi yang simple, fokus terhadap chatting, selalu synchronize dengan kontak di HP dan tersedia di berbagai macam platform mobile adalah alasan utama saya lebih mengidolakan WhatsApp dibanding yang lain. Bukan berarti saya tidak menggunakan aplikasi yang lain lho ya.

Sebenernya udah telat saya nulis ini karena fitur WhatsApp di Web sudah ada sejak akhir bulan Januari lalu. Tapi, pada saat itu hanya Google Chrome lah yang disupport.

Apa sih WhatsApp Web?

WhatsApp Web adalah fitur terbaru dari WhatsApp yang mengijinkan para penggunanya menggunakan aplikasi WhatsApp melalui browser di PC. Semua data akan tersynchronize antara HP anda dengan yang ada di Web, seperti kontak, pesan, dll.

Perlu diingat bahwa WhatsApp Web bukanlah membuat akun WhatsApp baru, melainkan menghubungkan akun WhatsApp anda yang ada di HP dengan yang di Web.

Apa aja syaratnya?

Untuk menikmati WhatsApp Web, ada sedikit persyaratan yang perlu dipenuhi.

  1. Punya akun WhatsApp di HP dan sudah menginstall WhatsApp versi terbaru. Download versi terbaru lewat link https://whatsapp.com/dl
  2. Perangkat smartphone (HP) yang disupport saat ini hanyalah Android, Windows Phone 8.0 & 8.1, Nokia S60, Nokia S40 Single SIM Evo, BlackBerry dan BB10
  3. HP yang akan dihubungkan ke WhatsApp Web harus memiliki akses internet yang stabil. Kalau akses internet di HP putus maka yang di Web akan putus juga.
  4. Menggunakan versi browser terbaru dari Mozilla Firefox, Chrome atau Opera. Silahkan update browser anda melalui http://www.browsehappy.com

Sudah lengkap semua syaratnya? Let’s rock!

Cara mengaktifkan WhatsApp Web

Untuk dapat menggunakan WhatsApp Web, HP dengan komputer harus dihubungkan dulu. Begini caranya:

note: Screenshot yang digunakan adalah screenshot WhatsApp di Windows Phone. Langkah-langkah yang digunakan sama hanya mungkin design nya yang berbeda di masing-masing OS.

  1. Buka web.whatsapp.com di komputer. Maka anda akan melihat QR Code seperti gambar di bawah ini.
    Centang tulisan Keep me signed in agar WhatsApp Web tidak meminta anda login berulang kali kedepannya.
    WhatsApp Web
  2. Buka WhatsApp di HP.
    Buka menu dan klik WhatsApp Web WhatsApp Web Windows Phone
  3. Scan QR tersebut menggunakan HP anda. Dan voila anda berhasil menghubungkan HP dan PC anda untuk WhatsApp-an.

Anda dapat menghubungkan HP anda dengan banyak PC. Dan anda memegang akses penuh atas akses-akses di masing-masing PC tersebut.

Jika anda kembali membuka WhatsApp Web pada HP anda, maka akan muncul daftar PC yang terhubung pada HP anda. Anda dapat menambahkan PC baru atau me-logout WhatsApp Web di semua PC yang terdaftar.

20150305144948Dengan adanya WhatsApp Web ini, anda bisa membuka WhatsApp tanpa menggunakan HP tapi yang perlu diingat adalah HP anda harus tetap memiliki koneksi internet yang stabil. Semoga bermanfaat :)AbangFadli, out :cool:

Wassalamu’alaikum :kr

Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco