Tips Sukses Interview Melalui Skype

Assalamu’alaikum :)

Skype adalah sebuah teknologi revolutional yang memungkinkan kita melakukan video call melalui internet. Dengan mengaplikasikan teknologi dari Skype, banyak sekali hal-hal baru yang mungkin sebelumnya tidak bisa terpikirkan, seperti interview melalui Skype. Coba anda bayangkan, misalkan anda sekarang tinggal di Jakarta dan anda ingin melamar pekerjaan di Surabaya atau Singapore. Anda dipanggil interview, berapa biaya yang harus anda keluarkan? Dengan adanya Skype, anda masih dapat melakukan interview face-to-face dengan orang yang akan merekrut anda dan anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke tempat perusahaan tersebut.

interview skype

Mungkin anda sudah jago jika interview secara langsung, tetapi apakah hal yang sama juga berlaku ketika anda interview lewat Skype? Inilah beberapa tips untuk interview melalui Skype dikutip dari USA Todays dan Forbes:

1. Berpakaian yang cocok

Kalau berbicara mengenai pakaian, perlakukan interview melalui Skype layaknya interview secara langsung. Berpakaianlah yang cocok dari kepala sampai kaki. Kenapa saya bilang cocok? Anda harus menyesuaikan gaya pakaian anda dengan kebiasaan perusahaan tempat anda melamar. Lakukan research kecil-kecilan dengan melihat website perusahaan, halaman Facebook dan tweet-tweet dari Twitter untuk mendapatkan sedikit informasi bagaimana gaya berpakaian para pekerja dan eksekutif di sana. Beberapa perusahaan bisa menilai anda dari apa yang anda kenakan saat interview.

Mungkin anda berpikir bahwa tidak perlu berpakaian rapi sampe kaki, cukup sampai pinggang saja karena yang keliatan hanya bagian tubuh atas kita saja. Hal ini memang benar tapi tidak dianjurkan, bagaimana jika anda harus mengatur ulang webcam / microphone atau peralatan apapun itu yang membuat anda harus berdiri? Lagipula, dari sisi psikologi, dengan menggunakan business attire akan merubah pikiran dan gaya anda menjadi mode professional.

2. Persiapkan sekeliling anda

Selalui persiapkan sekeliling (environment/surrounding) anda. Pertama, baik itu interview melalui telepon atau Skype, selalu lakukan interview di ruangan yang sunyi. Usahakan di dalam sebuah ruangan tertutup. Hal ini akan membuat anda dan interviewer  anda akan bisa mendengar suara satu sama lain tanpa gangguan suara berisik lainnya.

Selanjutnya, lihat background / setting di sekliling anda. Terutama lihat kebelakang anda, karena itulah yang akan dilihat interviewer anda. Jangan sampai ada barang-barang berantakan di belakang anda karena ini akan membuat kesan anda orang yang tidak terorganisir. Kalau bisa singkirkan juga barang-barang pribadi anda, jangan terlalu banyak mengungkap informasi pribadi mengenai anda.

3. Hindari gangguan orang rumah

Pastikan anda sudah memberi tahu orang-orang di rumah anda bahwa anda akan melakukan interview dan jangan di ganggu. Anda tidak ingin kan tiba-tiba ada suara menggelegar dari speaker di kamar sebelah? Atau tiba-tiba hewan peliharaan anda mengganggu anda. Kalau anda memiliki bayi, minta tetangga atau teman untuk mengurus bayi anda sementara anda melakukan inteview.

 4. Tutup semua program di komputer anda

Jangan sampai ketika anda interview nanti, ada muncul suara notifikasi Facebook atau program-program lain yang mengeluarkan suara. Ini akan membuat kesan sangat tidak professional.

5. Pastikan profile Skype anda professional

Sama halnya dengan menggunakan email yang professional. Pastikan anda menggunakan profile Skype yang professional, jangan sampai username anda Fadli.MasBrooo93 atau semacamnya. Jika anda sudah terlanjur punya yang seperti itu, buatlah lagi yang baru. Gratis kok! Lihat di sini caranya

 6. Senyum dan lihat ke kamera!

Jika anda interview ketemu langsung dengan interviewer anda, mungkin anda sudah langsung senyum secara naluri. Tetapi, anda perlu berlatih untuk bisa senyum di depan kamera. Memang benar sangat sulit untuk dapat senyum ketika anda duduk sendirian di sebuah ruangan. Maka dari itu, sebelum melakukan interview anda, cobalah berlatuh bersenyum di depan cermin, atau telpon seorang teman yang sangat lucu dan bisa membuat anda tertawa. Jika masih gagal, anda bisa menggantung gambar lucu di dinding (pastinya diluar jangakuan kamera) untuk membuat anda tetap tersenyum.

Pastikan anda melihat ke kamera, tidak ke layar. Sangat menggoda memang untuk melihat anda atau interviewer anda di layar ketika melakukan interview lewat Skype, namun hal itu akan membuat anda tidak melakukan eye contact dengan interviewer anda (anda akan terlihat melihat ke bawah).

7. Pastikan tidak ada gangguan teknis

Pasti ada kemungkinan bahwa anda akan mengalami gangguan sinyal atau sinyalnya melemah ketika melakukan interview. Maka dari itu, sebelum anda melakukan interview, pastikan anda memiliki koneksi yang memadai dengan menelpon teman anda. Namun jika hal itu tetap terjadi dan anda sering mengalami gangguan, cobalah meminta untuk menghentikan panggilan dan coba menelpon ulang. Ini akan memberikan kesan bahwa anda adalah seorang problem-solver dan anda ingin memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik.

8. Gunakan kertas contekan

Satu hal yang menguntungkan bagi kita ketika melakukan interview melalui Skype, anda tidak perlu menghafal semua yang ingin anda katakan. Anda bisa meletakkan kertas kecil di samping komputer anda untuk mengingatkan anda apa saja yang harus diucapkan. Tapi jangan terlalu sering melihat ke samping! Tetap fokus ke kamera.

9. Practice makes perfect

Selalu latihan-latihan dan latihan sebelum melakukan interview. Anda mungkin masih belum terbiasa dengan tetap melihat ke kamera, tangan anda diletakkan di mana atau seberapa keras anda harus berbicara. Maka dari itu, mulailah untuk melatih hal-hal tersebut.

10. Follow up!

Sama halnya dengan interview secara langsung ataupun telepon biasa, sebuah surat tanda terimakasih tetaplah penting. Hindari follow up melalui Skype, kecuali interviewer anda yang meminta demikian.

Itulah tips-tips untuk dapat membuat interview melalui Skype menjadi sukses. Good luck!

Sumber:
http://www.usatoday.com/story/tech/personal/2013/08/01/13-tips-for-a-great-skype-interview/2608915/
http://www.forbes.com/sites/learnvest/2013/04/09/7-tips-to-nail-a-skype-interview/

AbangFadli, out :cool:

Wassalamu’alaikum :kr

Incoming search terms:

  • temuduga melalui skype
Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco