Tips n Tricks Windows 8

Assalamu’alaikum :)

Sudah beberapa hari ini saya mengikuti sebuah akun yang bisa dibilang cukup baru di dunia Twitter, @MSPIndonesia namun sudah menarik banyak sekali perhatian orang, khususnya mahasiswa. Di akun ini, para MSP (Microsoft Student Partner) dan ex-MSP berbagi cerita, info, hadiah, pembelajaran dll. Untuk mau info lebih lanjut mengenai MSP Indonesia bisa lihat di akun Twitter mereka, cek tab favorite-nya karena semua info yang sudah diberikan di rangkum di situ semua.

Okeh, kembali ke judul… Kemarin pada segment #AyoBelajar, salah satu MSP dari Jabar yang bernama kak Ansel (@archansel) berbagi Tips n Trick tentang Windows 8 yang katanya TnT ini simple tapi belum banyak user Windows 8 yang tau. Maksud saya “repost” ke dalam tulisan blog ini agar lebih mudah kalau mau diberi Screenshot dan penjelasan-penjelasan lainnya. Okelah, apa aja Tips n Trick nya? Ayuuk lah kita cek aja:

1. Memunculkan Tombol Hibernate

Sebelumnya, apa itu Hibernate? Hibernate adalah proses untuk menyimpan kondisi komputer anda beserta program-program yang sedang terbuka ke dalam hard disk lalu mematikan komputer anda. Ketika dinyalakan kembali, komputer kita akan meneruskan pekerjaan kita tanpa start-up dari awal.

Sedikit berbeda dengan Sleep. Kalau Sleep adalah proses untuk menyimpan kondisi komputer anda beserta program-program yang sedang terbuka ke dalam memori / RAM anda dan komputer tidak dimatikan melainkan hanya di stand-by kan saja.

Power without Hibernate WIndows 8

Secara default, pilihan tombol hibernate tidak ditampilkan di Windows 8. Hal ini dikarenakan tidak semua pengguna Windows 8 menggunakan fitur ini. Ada rumor lain bahwa kalau sering-sering menggunakan fitur Hibernate akan berpotensi merusak HDD. Entah benar atau tidak, yang jelas kalau anda tidak akan menggunakan komputer dalam waktu dekat, mending di shutdown aja.

Lalu, bagaimana cara memunculkan tombol Hibernate?

Gampang. Ikuti gambar di bawah, buka Power Options  dengan cara mengetikkan “Power Options” atau “Power” saja cukup, ketika anda berada di Windows 8 Home Screen, lalu pilih yang Settings.  Lalu pilih deh yang Power Options.

Power Option

Akan muncul Window baru seperti gambar di bawah, pilih menu yang saya lingkari di bawah

Power Option System SettingsIni akan membuka System Settings. Anda akan bisa melihat bahwa pilihan Hibernate tidak tercentang, dan kita tidak bisa mencentangnya. Agar bisa memberikan centang anda lebih dulu harus klik “Change settings that are currently unavailable” . Lihat gambar di bawah:Power Option System Setting

Baru anda bisa memberi centang pada opsi Hibernate, jangan lupa klik “Save Changes”:

Hibernate WIndows 8

Power With Hibernate Windows 8

2. Memunculkan Delete Confirmation

Delete Confirmation Dialog Box adalah pesan peringatan dari Windows ketika anda ingin menghapus sebuah file atau folder. Biasanya pesannya seperti ini “Are you sure you want to move this file to Recycle Bin?” atau anda bisa lihat gambar di bawah.

Delete Confirmation Dialog

 

Fitur ini dibuat untuk mereka yang tidak sengaja menekan tombol delete, jadi bisa dibatalkan. Namun secara default, Delete Confirmation Dialog Box di Windows 8 itu di disable. Jadi ketika anda menekan tombol delete, maka file akan langsung terbuang ke Recycle Bin. Memang file yang di delete tidak akan langsung hilang dan bisa dikembalikan dengan cara membuka Recycle Bin dan klik kanan -> Restore pada file yang akan dikembalikan, namun kalau hal ini sering terjadi maka akan terlalu banyak memakan waktu. Jadi, bagi anda yang tetap ingin mengaktifkannya, gampang saja :

Buka Windows Explorer, arahkan ke Desktop, klik kanan pada Recycle Bin lalu pilih Properties

Recycle Bin In Explorer

Lalu tinggal centang pada pilihan “Display delete confirmation dialog”. Jangan lupa klik OK.

Recycle Bin Properties

3. Cara Menutup Aplikasi Windows 8

Ada cara yang mungkin masih banyak digunakan oleh banyak orang. Yaitu klik kanan pada aplikasinya dan pilih close. Namun, menurut kak Ansel ini bukanlah cara yang benar dan menurut saya memang kurang efisien. Lalu bagaimana cara yang benar?

Coba anda buka salah satu aplikasi Windows 8, bisa Music, Store, Mail, People atau apa saja yang penting aplikasi Windows 8. Lalu, anda arahkan kursor ke atas sampai pol dan drag ke bawah juga sampai pol lalu lepaskan. Lihat gambar di bawah:

Drag Down Application

Itu lah cara menutup Aplikasi Windows 8 dengan efisien dan elegan (menurut saya) hahaha…

4. Shortcut

Shortcut adalah cara cepat untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu. Misalnya CTRL + P untuk shortcut Print, CTRL + N untuk shortcut membuat dokumen baru dll.

Nah, di Windows 8 ini ada shortcut-shortcut istimewa yang dapat membantu anda menghemat waktu.

Win + C = Membuka Charm Bar yang di sebelah kanan
Win + I = Membuka Setting Aplikasi
Win + F = Mencari File
Win + E = Membuka Explorer (Kalo ini yang paling saya gunakan hehe)

Shortcut-shortcut di atas adalah shortcut yang paling sering dipakai. Anda bisa mencari list shortcut yang lengkap di Search Engine dengan mengetikkan Keyword “Windows 8 Shortcut

Nah, kak Ansel menjelaskan 4 Tips n Trick di atas dan saya berusaha melengkapi sebisa saya. Semoga bermanfaat dan makin lebih cinta dengan Windows 8 nya yah :D

AbangFadli, out :cool:

Wassalamu’alaikum :kr

Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco