Tips Menerima Permintaan Teman di Facebook

Assalamu’alaikum :)

Banyak sekali teman-teman saya yang sudah pensiun bermain Facebook dan pindah ke Media Sosial lain, kurang lebih alasan mereka seperti ini:

Ah males ah Facebookan, banyak jualannya, request game, banyak alaynya, mana namanya aneh-aneh lagi :hammer:

Saya pun hanya bisa mengucapkan “Sabar ya, di remove aja sih..” dan membiarkan itu berlalu. Padahal kalau dipikir, adanya alay dan jualan-jualan di Facebook kan gara-gara mereka berteman, dan mereka berteman gara-gara di accept permintaan pertemanannya. Jadi kenapa di accept dulunya? :hammer:

Tapi sudahlah,  sekarang saya akan memberitahu tips dan trik saya dalam Facebookan, bagaimana cara saya menghindari mereka yang masih terjerumus pada lembah ke-alay-an.

Ingat, setiap orang menggunakan Facebook secara berbeda-beda. Dan inilah cara saya menggunakan Facebook, khususnya dalam menerima permintaan pertemanan.

Jangan asal Add dan asal Accept Friend Request / Permintaan Teman

Salah satu kebiasaan anak muda yang baru mengenal Facebook adalah menerima dan meng-add semua orang yang menurut dia cantik/ganteng di Facebook. Bahkan ada yang lebih parah lagi, semuanya di add atau di accept.

Kenapa saya bisa mengatakan demikian? Karena saya dulu pernah mengalaminya. Banyak sekali postingan-postingan di Home Facebook saya yang bahkan saya tidak tahu itu siapa. Dan saya menyesal. :berdukas

Perlu anda ketahui, bahwa slogan Facebook adalah “Facebook helps you connect and share with the people in your life.” yang artinya Facebook membantu anda terhubung dan berbagi dengan orang-orang di hidup anda. Bukan mencari orang baru ke dalam hidup anda.

Namun, ada beberapa orang (termasuk saya sebenarnya) yang menggunakan Facebook untuk mencari teman baru. Namun perlu anda mengerti, bahwa teman baru yang saya maksud di sini masih harus berada di komunitas saya. Misalnya, satu sekolah atau satu kampus, tapi belum kenal, bisa menggunakan Facebook sebagai media pengenalan.

Sebagai tambahan, menerima permintaan teman dari orang yang tidak anda kenal adalah akar dari pencurian data pribadi anda.

Mungkin anda pernah sebal kenapa nomor anda sering di SMS promo, penipuan dll? Itu bisa saja karena anda menaruh / memasang nomor telepon anda di Facebook, lalu anda berteman dengan semua orang, ya semua orang (termasuk pencuri/penipu) juga bisa melihat dan mengambil nomor HP anda kan?

Jadi, sebaiknya mulai sekarang anda tidak lagi asal add dan asal accept friend di Facebook

Lihat Teman yang sama / Mutual Friends

Katakanlah ada permintaan dari seseorang yang anda kurang kenal. Namun, anda memiliki misalnya 20 atau bahkan 40 teman yang sama. Lihat lah siapa-siapa saja teman yang sama tersebut, kalau sebagian besar anda kenal, maka ada kemungkinan orang yang meng-add anda adalah seseorang yang berada di komunitas anda.

Contoh: Anda sekolah di SMA N 6. Ada si A nge-add, ternyata si A dan anda memiliki banyak teman yang sama / mutual friends yang bersekolah di SMA N 6. Maka kemungkinan besar A adalah teman sekolah anda.

Kalau kasusnya begini, biasanya saya Accept Friend Request tersebut.

Namun kalau ada yang Add anda, dan teman yang sama hanya sedikit atau bahkan tidak ada. Saya tidak akan meng-accept orang itu, melainkan hanya saya biarkan.

Perhatikan Nama dan Fotonya

Coba anda perhatikan Nama orang yang meng-add anda. Ingat-ingat kembali apakah anda mengenali nama tersebut. Mungkin itu teman kecil anda? atau orang yang baru saja anda temui kemarin? Kalau anda ragu, anda bisa melihat fotonya untuk memastikan apakah anda benar-benar mengenal dia atau tidak.

Jika anda tidak kenal, terserah anda mau accept atau tidak, namun saran saya, biarkan saja. Jangan di accept.

Namanya Alay?

Jika ada yang add anda dengan nama “Fadli si Pangeran Cinta” atau “Fadli pund ingindh sendiri” :hammer:. Tidak usah ditanya lagi, saya tidak pernah menerima permintaan dari orang yang memiliki nama bukan dari apa yang diberikan orang tua mereka.

Orang atau Usaha?

Pernahkah anda melihat sebuah Profile Facebook yang ternyata adalah sebuah organisasi atau sebuah usaha? Toko Online misalnya. Mereka seharusnya tidak membuat Profile Facebook melainkan Page Facebook.

Hanya ada 2 alasan kenapa mereka melakukan hal ini, yang pertama mungkin mereka belum cukup mengerti bahwa ada Page Facebook yang disediakan untuk Organisasi atau Usaha. Sehingga mereka membuat akun facebook seperti biasa.

Namun alasan yang kedua adalah alasan yang paling sering ditemukan, mereka sengaja membuat akun profile Facebook agar dapat berkontak langsung dengan teman-teman mereka di Facebook — di mana hal ini sulit dilakukan kalau menggunakan sebuah Page Facebook.

Simple saja, saya tidak menerima permintaan teman dari Profile Facebook Usaha / Toko Online.

 


Oke , lalu muncul pertanyaan seperti ini:

“Tapi dulu saya nggak pernah accept yang alay-alay atau toko online, di tengah-tengah mereka baru berubah” atau

“Yaudah maaf sih bang, solusinya gimana kalau udah terlanjur banyak alay dan jualan di Facebook kita?”

Saya memberikan beberapa pilihan untuk anda.

Block dari Facebook

Lihat cara block dan un-block Facebook di sini.

Remove dari daftar teman anda.

Caranya, pergi ke Profile yang ingin anda remove lalu ikuti gambar di bawah:

 

Menghapus Teman Facebook

Mungkin kedua cara diatas terlihat sedikit “kejam” karena kita memutuskan hubungan kita dengan mereka. Lalu ada yang akan tanya seperti ini:

“Bang, kan itu yang alay teman saya yang saya kenal, yang jualan juga teman saya, kalau di block atau remove nanti mereka sakit hati saya nggak enak dong? Gimana?”

Gampang! Ada cara ke-tiga: Sembunyikan dari News Feed

Anda sebel kalau melihat alay dan online shop di mana sih? Pasti waktu anda berada di beranda/News Feed/Homepage Facebook anda kan?

Sekarang (walau sudah dari lama sih), Facebook bisa mengatur siapa-siapa saja yang muncul di News Feed kita. Caranya sama seperti cara kedua, buka ke Profile yang ingin kita sembunyikan. Lalu hilangkan centang pada “Show in News Feed”.

Ini akan membuat semua postingan dia tidak akan pernah muncul di News Feed Facebook anda. Jadi HomePage / News Feed Facebook anda akan terlihat bersih tanpa alay-alay dan Online Shop, tetapi anda masih berteman dengan mereka, hohoho… :D

Memblock Aktifitas Game

Nah sekarang masalah Game, kalau anda bosen terus-terusan dikirimin Notifikasi Game dari seseorang. Setting saja di Facebook agar orang itu / game itu tidak bisa mengirimkan notifikasi ke anda lagi. Caranya:

Sorot pada notifikasi Game, lalu arahkan ke pojok kanan atas dari Notifikasi tersebut akan muncul icon silang (lihat gambar di bawah).

Turn Off GamesKlik tombol tersebut dan pilih “Turn Off” atau “Matikan”. Ini akan membuat aplikasi di atas (dalam kasus ini contohnya Dragon City) tidak akan bisa mengirimkan notifikasi ke anda lagi. Siapapun yang main Dragon City dan ingin meng-invite anda, tidak akan muncul di notifikasi anda.

Sekian dari saya. Pesan saya, kalau anda bosan bermain Facebook hanya karena alasan-alasan di awal postingan ini. Lebih baik anda “membuang” atau “menyembunyikan” hal-hal yang membuat anda bosan.

Tapi kalau anda bosan karena menurut anda Facebook membuang-buang waktu, itu diluar konteks bahasan kali ini. :Peace:

AbangFadli, out :cool:

Wassalamu’alaikum :kr

Incoming search terms:

  • anda memiliki satu saran teman baru
  • Tidak Dapat Mengirim Permintaan Pertemanan Orang ini tidak dapat menerima permintaan pertemanan baru tapi sekarang Anda mengikuti mereka
  • https://www abangfadli com/tips-menerima-permintaan-teman-di-facebook
  • anda memiliki satu saran teman baru di facebook
  • anda memiliki saran teman baru
  • maksud anda memiliki satu saran teman baru
  • mengapa di fb ada pemberitahuan apakah anda mengenal?
  • Arti kalimat Anda memiliki satu saran teman baru
  • arti anda memiliki satu saran teman baru
  • arti anda memiliki saran teman baru
Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

1 Response

  1. Budi Majid says:

    Yang penting disesuaikan dengan kebutuhan…
    seperti ane bebas add teman namun untug tag dan kirim status di beranda ane block..
    dan untuk game fb ane ga pernah terima ajakan games dan ane tidak pernah main games fb :ngakaks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco