The Spectacular Now – Movie Review

Assalamu’alaikum :)

Apakah anda adalah seseorang yang takut akan masa depan? Anda memiliki prinsip untuk “Live in the moment“? Jika iya, maka anda sama seperti Sutter Keely (Miles Teller) di film The Spectacular Now.

Film ini berkisah tentang Sutter, seorang remaja yang sangat enjoy dengan apa yang dia miliki sekarang. Dia memiliki pacar yang cantik, Cassidy, pekerjaan di toko baju pria dan mobil sendiri. Kemudian ia diputusin oleh ceweknya, seperti anak muda pada umumnya dia galau :capedes dan akhirnya mabuk. Keesokan harinya ia tergeletak di pekarangan rumah seseorang dan ia bertemu dengan cewek bernama Aimee (Shailene Woodley).

Dan setelah melalui beberapa moment bersama, mereka pun berpacaran. Uniknya, Aimee adalah seorang gadis baik-baik yang sama sekali belum punya pacar dan sangat peduli terhadap masa depannya. Dia sudah merencanakan bagaimana gambaran masa depannya bersama calon suaminya. Bertolak belakang sekali dengan Sutter bukan?

The Spectacular Now Movie Poster

Apa yang membuat film ini menarik adalah, tidak seperti film cinta remaja yang saya lihat akhir-akhir ini seperti Project-X, Spring Breakers, 21 & Over, yang lebih banyak menghadirkan adegan seks seks dan sangat jarang ada sisi moral yang bisa ditangkap dari film-film tersebut. Di The Spectacular Now, film ini berpusat pada Sutter dan segala masalahnya. Mulai dari dia yang seorang pecandu alkohol, masalah dalam keluarganya, ketakutan akan masa depan. Hal ini sering sekali terjadi pada anak muda. Tapi memang ada adegan seks tapi tidak terlalu over seperti di film-film remaja yang saya sebutkan di atas. Tapi, banyak adegan ciuman disini. Tidak semuanya passionate kissing, just a normal kiss.

Apa yang membuat saya kagum di sini adalah perkembangan karakter dari Sutter itu sendiri. Di awal mula film, sangat teguh prinsipnya untuk nikmati hidup dan jangan berpikir ke depan dulu. Enjoy the moment. Mantan pacarnya Cassidy telah mengungkapkan kenapa ia merasa tidak cocok dengan Sutter karena Sutter tidak bisa memberikan apa yang Cassidy mau, Future (Masa depan).

Lalu dia pun bertemu dengan Aimee. Sepanjang film, Sutter menyadari bahwa Aimee adalah seseorang yang sangat berorientasi pada masa depan. Teman-teman Sutter dan Aimee sendiri mengatakan pada Sutter bahwa dia tidak cocok untuk Aimee, dia hanya akan menghancurkan hidup Aimee. Tetapi Sutter beralih dia hanya ingin membantu Aimee untuk dapat keluar dari masalah yang ia hadapi.

Seiring berjalannya film, Aimee tampak sangat menyukai Sutter. Sehingga Aimee yang diterima kuliah di salah satu universitas di Philadelphia mengajak Sutter untuk hidup bersama dengannya di sana dan membangun sebuah hidup baru bersama. Sutter tampak terkejut karena dia adalah seseorang yang masa bodoh dengan masa depan. Namun, karena tidak ingin melukai hati Aimee maka Sutter mengatakan itu adalah ide yang bagus.

Sebuah drama keluarga pun disajikan di film ini, bagaimana ibu Sutter menyembunyikan keberadaan ayahnya dari Sutter. Ibunya mengatakan bahwa ayahnya berselingkuh dengan wanita lain, namun Sutter yakin bahwa ada dua versi dibalik semua cerita. Iapun berusaha untuk menemukan keberadaan ayahnya. Namun setelah bertemu ayahnya pun memang apa yang seperti ibunya katakan, orang yang tidak mencintai siapapun namun dirinya sendiri. Sutter menyadari bahwa dirinya sama seperti ayahnya, lalu ia meminta Aimee untuk menjauh dari kehidupannya, ia berpikir bahwa ia hanya akan merusak hidup Aimee. Tapi Aimee tetap bersikeras untuk tetap bersama Sutter. Cewek ini bener-bener cinta mati sama Sutter, salut.

Di akhir cerita, Aimee menunggu Sutter di dalam halte bis yang akan pergi menuju Philadelphia, namun Sutter tak kunjung datang. Sutter tidak datang karena ia masih berpikir bahwa ia adalah pengaruh buruk untuk Aimee dan ia masih ingin hidup bebas dari kekangan masa depan.

Tak lama, ia disadarkan oleh ibunya. Bahwa Sutter tidaklah seperti ayahnya, ia adalah seseorang yang sangat considerate tentang orang disekelilingnya dan ia sangat disukai orang-orang yang berada disekitarnya. Sutter pun menyadari hal itu dan mengubah mindsetnya, ia mulai menjadi seseorang yang mulai memperhitungkan masa depannya. Ia pun menyusul Aimee ke Philadelphia dan melihatnya di sana.

Hanya saja….. di film tersebut tidak diungkapkan apa keputusan Aimee setelah melihat Sutter yang telah meninggalkannya di halte bus malam itu, hanya senyuman dan setelah itu boom… Film selesai. Ini bikin frustasi banget karena saya tidak akan tau apa yang akan dikatakan oleh Aimee. :(

Aimee Expression EndApa yang akan Aimee katakan akan selamanya jadi misteri, bisa saja “Hey, how are you? I have a boyfriend now” atau bisa juga “Oh my god, Sutter, what are you doing in here?” atau mungkin aja “Get the mother-fucking out of my life“. Well, we won’t know.

For a side note, film ini memenangkan 6 penghargaan dan 7 nominasi. Salah satunya adalah best lead actress yang diperankan sebagai Aimee. Memang aktingnya sangat orisinil dan pas sekali dengan kepribadian Aimee. Salut.

Another side note, film ini hanya diproduksi dalam waktu 25 hari. Itupun aktor dan aktris nya hanya memiliki beberapa menit saja untuk berkenalan. Namun, kedua aktor utama diperankan dengan sangat baik.

Pesan moral dari film ini adalah, sebagai anak muda kita harus berusaha untuk menatap masa depan kita bukannya malah takut untuk menghadapinya.

If you love drama. 500 day of summer, Yes Man, The Notebook, you will probably love this movie.

Overall score: 8 / 10.

AbangFadli, out :cool:

Wassalamu’alaikum :kr

Incoming search terms:

  • film the spectacular now
  • sinopsis the spectacular now
  • sinopsis film the spectacular now
  • Adegan dalam mobil di film the spectacular now
Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco