Selalu Up To Date Dengan Google Alert

Assalamu’alaikum :)

Google Alert Logo Image

Google memang menyediakan informasi siapapun tentang apapun yang kita inginkan, mulai dari ilmu sosial sampai ilmu alam, dari Facebook sampai Google+, dari membuat robot sampai membuat anak  :shutup:

Google juga membantu kita menyediakan informasi paling up-to-date tentang apapun yang sedang terjadi di dunia. Tapi… kita harus membuka Google dan mencari sendiri informasi tersebut.

Contoh kasusnya gini aja deh, misal kita tertarik banget sama Social Network Facebook dan ingin tau perkembangan Facebook tiap hari, entah itu berita unik, perkembangan atau masalah hukum yang terkait dengan Facebook. Logikanya, kita harus mencari di Google dengan keyword “Facebook” lalu persempit pencariannya menjadi berita dalam kurun waktu 24 jam terakhir kan? dan kita melakukan itu tiap hari. Sungguh merepotkan :hammer:

Tapi tenang aja, ada sang superhero Google Alert :matabelo:

Google Alert – Monitoring the Web for interesting new content — adalah fasilitas dari Google yang akan mengirimkan anda Email tentang sesuatu yang anda ingin ketahui. Menurut Google sendiri, biasanya orang-orang menggunakan Google Alert untuk:

  1. Mencari tau apa yang dibicarakan publik tentang perusahaan mereka.
  2. Mencari tau perkembangan perusahaan pesaing.
  3. Mencari tau informasi terbaru tentang selebritas atau klub olahraga.
  4. Dan lain-lain

Cara daftarnya…

Gampang sekali, tinggal menuju halaman Google Alert di http://www.google.com/alerts (Jangan lupa untuk masuk ke akun Google anda terlebih dahulu)

Google Alert Form Image

Nah, gambar diatas adalah formulir yang perlu diisi. Maaf karena bahasanya Indonesia, padahal udah diset ke domain google.com tapi tetep aja bahasanya Indonesia :hammer:

Untuk Kueri Penelusuran, ini adalah kata kunci yang ingin kita cari, misal pada kasus saya diatas adalah Facebook, maka kita isi dengan Facebook.

Untuk Jenis Hasil, misal anda hanya ingin menerima informasi Facebook hanya video saja, atau diskusi saja, atau berita saja, atau anda ingin semua jenis informasi. Bisa diatur, tinggal pilih.

Seberapa Sering anda ingin menerima email dari Google Alert? Tinggal diatur sekali seminggu atau sekali sehari.
Berapa Banyak anda ingin dikirimi Email? Apakah anda ingin Google mengirimkan semua hasil yang didapat atau hanya yang terbaik saja?

Kirim ke : Ini alamat Email anda.

Setelah itu klik “Buat Lansiran”. Langkah terakhir adalah mengkonfirmasi Google Alert di Email anda, dengan cara membuka Email anda yang digunakan saat mendaftar Google Alert, lalu ikuti perintah di Email tersebut.

Format Kueri Penelusuran…

Pada dasarnya sama ketika kita mencari manual  di Google, Format Kueri Penulusuran memang terlihat simple namun ada beberapa trik untuk mencari informasi tertentu, sebut saja kueri Juventus FC. Jika kita memasukkan kueri itu pada Google Alert, maka Google akan mencarikan informasi tentang Juventus dan FC, bukan Juventus FC dalam satu kesatuan.
Untuk mengatasi permasalahan ini, kita memasukkan kueri “Juventus FC” (Dengan tanda kutip).

Permasalahan lain ketika kita ingin mencari informasi tentang Michael Jacson, bukan Michael Jackson. Penyelesaian untuk memberitahu Google agar mencari persis kata Jacson ialah dengan memberi tanda kutip, sehingga menjadi Michael “Jacson”.

Untuk tidak mengikut sertakan kata tertentu pada hasil penelusuran, menggunakan tanga “-” (minus). Misal kita ingin mencari informasi tentang apel, tapi tidak ingin mengikut sertakan buah. Maka format yang tepat adalah apple -fruit.

Untuk tidak mengikut sertakan situs tertentu, menggunakan -site: , misal Bung Karno -site:wikipedia.org

Untuk mempersempit pencarian pada situs dengan domain tertentu atau nama situs tertentu, bisa menggunakan keyword “site:”. Misal anda ingin mencari informasi tentang animal dan hanya ingin mendapatkan hasil dari domain .edu maka format yang tepat animal site:.edu

Atau ingin mencari sesuatu hanya dari AbangFadli.com, bisa dengan format sesuatu site:abangfadli.com

Pergunakan fasilitas gratis ini, selama masih gratis :)

Wassalamu’alaikum, AFB :kr

Incoming search terms:

  • google alerte
Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

6 Responses

  1. ok sob, informasi bagus sekali ;)

  2. bgus jga ni buat nyri info u/ pkerjaan :D

  3. I2-Harmony says:

    Saya pernah gunakan ini dulu sekitar tahun 2006 buat mantau sebuah event yang diadakan oleh perusahaan. :D

    Recommended deh..

  4. Rick says:

    udh gue coba nih…mantap….

  5. faqih says:

    Mantap ,,,
    thx info nyaa

  1. April 8, 2012

    […] Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam menggunakan google alerts. Untuk lebih jelasnya anda bisa berkunjung di blog http://www.abangfadli.com/internet/selalu-up-to-date-dengan-google-alert.html. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco