Pentingnya Indentasi Saat Coding

Assalamu’alaikum :)

Pentingnya Indentasi Saat Coding (abangfadli). Zaman modern sekarang ini, istilah coding sudah banyak dikenal orang. Baik mereka yang memang berstatus orang IT (mahasiswa, karyawan IT) maupun mereka yang tidak ada sangkut pautnya dengan IT sama sekali.

Singkatnya coding itu adalah aktifitas menulis kode (code, bukan kode-kode ke cewek ya) untuk sebuah program/software. Seperti website, aplikasi di HP, games dll.

Coba bandingkan dua coding style berikut ini:

Coding Style A:

Coding Style B:

Kalau saya tanya mana yang lebih enak dibaca, maka saya yakin STYLE B lah yang akan banyak dipilih. Tapi, percaya atau tidak, masih banyak orang yang saya kenal ngoding seperti STYLE A, padahal mereka sudah berstatus mahasiswa IT tingkat akhir. Duh.

 Side note, bacaan bagus: Calon Sarjana Komputer Ndak Bisa Ngoding? Salah Siapa?

Kedua coding style tersebut sama persis, hanya berbeda pada indentasinya saja. Kalau menurut pendapat saya, kebanyakan orang yang menggunakan style A adalah mereka yang baru masuk di dunia coding. Contohnya, pada mahasiswa IT semester awal. Atau mereka yang sudah semester akhir tetapi jarang ngoding. Sedangkan untuk orang yang sudah memiliki minimal pengalaman satu tahun saja, pasti sudah mengerti pentingnya indentasi.

Banyak orang yang berpendapat, bahwa coding itu seperti menulis sebuah puisi, contoh nyatanya adalah WordPress. Jika anda pergi ke situs wordpress.org maka akan ada tulisan di sana yang berbunyi “Code is Poetry“. Jadi, untuk menulis sebuah puisi yang bagus, haruslah menggunakan style yang bagus pula. Kalau dalam dunia coding, salah satu yang membuat style coding menjadi bagus adalah indentasi.

Jadi, apa aja yang membuat indentasi itu penting banget? Enak dibaca! Yup, that’s the only¬†main reason. Tapi, hanya dengan satu alasan tersebut banyak manfaat yang bisa di dapat, seperti:

  • Mudah dimengerti oleh diri sendiri.
    Kalau codingan mudah dibaca, otomatis codingan dapat mudah dimengerti.
    Buat apa dimengerti? Mungkin kalau kita sedang mengerjakan sesuatu, kita akan tahu seluk beluk codingan kita. Tapi, jika kita akan membuka project yang sudah 1 tahun lebih tidak kita sentuh. Kita akan butuh waktu memahami dan mengingat-ingat bagaimana alur codingan kita berjalan. Dan jika indentasinya tidak karuan, saya jamin anda akan membutuhkan tenaga extra untuk dapat memahami kembali apa yang anda tulis sendiri.

 

  • Mudah dimengerti oleh orang lain.
    Pernah ada teman yang minta bantuan untuk menambahkan sebuah fitur di website buatannya. Begitu saya liat codingannya, tanpa indentasi. Dan saya pun bingung membacanya, boro-boro membantunya.
    Selain itu, ketika anda sudah berada di dunia kerja nanti, anda akan membuat sebuah program berskala besar. Dan sangat besar kemungkinan anda akan mengerjakan program tersebut dengan programmer-programmer yang lain. Jika codingan anda susah dibaca, otomatis hal itu akan membuat programmer yang lain kesulitan mengerti codingan anda.

 

  • Mudah dimodifikasi atau dioptimisasi.
    Karena codingan kita dapat dimengerti oleh diri kita sendiri dan oleh orang lain, maka ketika kita akan menambahkan fitur baru atau debugging, hal itu akan sangat mudah. Karena kita dengan mudah memahami alur dari codingan tersebut.

Jadi, kesimpulannya… Indentasi saat coding merupakan hal yang penting karena akan membuat codingan kita mudah dibaca, dengan mudah dibaca maka codingan kita mudah dimengerti, dengan mudah dimengerti maka codingan kita mudah dimodifikasi dan dikembangkan.

Wassalamu’alaikum :kr

Incoming search terms:

  • apa itu indentation dalam coding
Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco