Orientation of President University 2011

Assalamu’alaikum,

Pertama saya ucapkan selamat hari raya idul fitri 1432 H, maaf telat ngucapinnya :(… Abisnya di Brebes kemaren ga ada sinyal buat modem, terus balik ke President University langsung Orientasi… pulang minimal jam 10 malam dan bangun jam 5an. Jadi ga sempet buat postingan, mungkin cuman liat keadaan blog ini hehehe..

OK, jadi saya sekarang sudah resmi menjadi Mahasiswa President University :D. Setelah kemarin Orientasi selama 5 hari 6 malam. Benar-benar hari yang spektakuler dan tak akan dilupakan. Dimulai pada hari minggu ku turut ayah ke kota :hammer: … serius, dimulai pada hari minggu 4 September, saya dan Roommate saya, Fuad berada pada grup yang sama, 20 – Michael Jordan, dengan SPV (Supervisor) Kak Andre dan Kak Tami.

Day 1 …

Pertama, seluruh peserta orientasi dikumpulkan di Wall B untuk briefing, diberi tentang theme orientasi tahun ini yaitu Stretch Your Limit, yang artinya untuk memperluas batas kemampuan kita hingga kita dapat menjangkau apa yang semula tidak bisa kita raih karena keterbatasan kita, ya seperti itulah. Lalu ada pengenalan tentang seluruh divisi, mulai dari Event Organizer, Documentation, Medics, hingga Divisi paling faforit, Security, lalu ada beberapa kata sambutan dari beberapa orang dll.

Setelah itu, dibacakan peraturan oleh Security. Lalu kita disuruh menuju spot masing-masing bersama grup yang baru.

Ketika semua telah berkumpul di spot, Kak Andre bercerita tentang pengalamannya di orientasi tahun lalu, dimana dia menanamkan pada kita bahwa kita jangan mengincar memenangkan ini itu, menjadi yang terbaik dalam ini itu, tapi kita merasa tertekan, ia lebih ingin kalau kita enjoy, mendapatkan value dari setiap kegiatan dan HAVE FUN.

Kak Tami? well, malam itu dia tidak banyak bicara, awalnya aku kira dia bakal galak. Aduh.. ternyata orangnya fun dan care banget sama anak-anaknya.

Kita di beri nametag yang setiap hari harus dibawa kemanapun kita pergi, guide book yang berisi tentang kegiatan orientasi dan hal-hal yang berkaitan tentang event ini, group board yaitu lambang dari Grup kami, serta 5 botol kosong yang disuruh diikat menjadi satu dan diusahakan jangan sampai terisi.

Satu persatu kita mengenalkan diri dan menceritakan tentang diri masing masing, yang paling berkesan diantara kami adalah si Stephen, dia bilang “Saya hanya berbicara pada orang yang mau saya ajak bicara.” buseeeeeett, serem nih orang. Salah satu dari kami harus menjadi Group Leader, Kak Andre dan Kak Tami berunding siapa yang akan menjadi ketuanya, lalu Stephen lah yang dipilih. Dalam benakku, aku mengerti apa tujuan mereka memilih Stephen, agar dia bisa berkomunikasi dengan yang lain, saya punya SPV yang hebat :)

Photo By : Rintus SR

Kita, berjumlah 17 orang dengan 9 cewek dan sisanya maho hahaha… Yang malam itu datang hanya 8 orang cewek dan 8 maho, ada Veronika yang belum datang.

SPV menyuruh kita untuk mencari TagLine atau motto untuk grup Michael Jordan. Setelah Kak Andre menjelaskan siapa itu MJ, saya menyarankan untuk Taglinenya “Never Give Up” dan ternyata diterima oleh yang lain. :)

Di hari pertama, kita diberi 2 tugas individu dan satu tugas kelompok. Tugas individunya : Menulis surat cinta dengan foto dan cap bibir,  “Kucing dalam kubur”, tugas kelompokknya “Foto bersama kambing”.

Untuk surat cinta jelas lah ya, masalahnya saya ga tau siapa-siapa aja SPVnya, karena kita ga bisa mengirim ke SPV grup kita, jadi harus ke orang lain diluar grup. Apalagi kita harus memberi cap bibir, aduuuuuh masak harus pake lipstik :nohope:

Untuk Kucing dalam kubur, kita disuruh Think out of the box. Setelah berpikir dan berpikir, salah satu dari kami berhasil menemukan jawabannya yaitu Cadbury.

Untuk Foto bersama kambing, kita sibuk mencari jadwal break yang bisa digunakan untuk mencari kambing.

Day 2…

Kembali di pagi hari maksimal jam 6 berkumpul di Wall B, Security mengambil alih panggung dan dia akan menjatuhkan hukuman karena ada yang telat, aku dan grup ku tenang-tenang saja karena kami sudah lengkap tidak ada yang telat, tapi salah… walau yang telat berasal dari grup lain, kita semua disuruh push up sebanyak 10 hitungan.

Semua dari kita adal 40 grup, grup 1-20 menjadi Group A, sedangkan 21-40 menjadi Group B. Untuk grup A jadwal pertama adalah Pilar Kebangsaan dari jam 8 sampai jam 12. Katanya sih ini perintah dari pemerintah agar setiap orientasi diberi materi Pilar Kebangsaan dan ini sangat membosankan karena kita duduk dan mendengarkan Lecturer berbicara selama 4 jam (2 sesi).

Setelah break siang, lanjut lagi pilar kebangsaan selama 2-3 jam. Aduuuh, setelah itu kita pulang dan siap-siap untuk Unity Night.

Sebelum Unity Night, salah satu diantara kami ada yang berkata, foto dengan kambing itu bukan dengan kambing beneran tapi dengan kakak pembimbing. Yess,, berarti gausah sibuk nyari kambing hahaha..

Unity Night ini semacam pensi dan pesta, kita diberikan stand untuk games, makanan gratis, dll.

Ada melempar bola pingpong untuk menjatuhkan kaleng minuman yang ditumpuk.

Ada Flying ufo, melepar gelang bercahaya untuk bisa masuk melingkari botol air mineral. Ketika saya mencoba Flying Ufo, penjaga stand berkata : “Now, it’s Fadli from Michael Jordan, you’ve got to throw like Michale Jordan” dan lalu saya melepar dan berhasil pada lemparan pertama. Yesss !!

Ada game untuk menyelesaikan Parampaa dll.. Untuk makanan ada Sate, Siomay, pisang hijau, sweet corn dll.

Acara mencapai puncak ketika dari atap wall B dan Wall E dinyalakan kembang api banyak banget, lalu dari belakang ada yang jalan menuju panggung menyanyikan lagu Firework dari Katy Perry. Benar-benar malam yang indah.

Setelah itu, kita diminta untuk kembali ke spot masing-masing untuk membicarakan tentang Yell Competition dan Cultural Night.

Day 3…

Hari ini saya diwajibkan memakai baju polo putih dan celana gelap. Seperti biasa, kita berkumpul jam 6 di Wall B. Kemudian ketika sampai pada hukuman, yang telat disuruh pushup rantai. Lalu beberapa grup dipanggil untuk diisi 5 botol itu dengan air, perlu diketahui kalo kita bikin salah maka 5 botol itu akan diisi air sedikit demi sedikit.

Teman kami ada yang melakukan kesalahan yaitu tidur lebih dari jam 12 malam. But it’s okay, Orientasi tanpa hukuman bagai sayur kurang garam kan?

Setelah itu kita makan pagi, dari hari pertama sampai hari terakhir semua makanan sama saja jenisnya.

Nasi putih / Mie / Nasi Kuning + Ayam + Gorengan (2 kali) + Sayur + Kerupuk + Sambal.

Jadi tiap hari kita makannya ayaaaam terus, aku tanya Kak Tami kenapa gitu karena waktu ditanya alergi masing-masing, banyak yang bilang alergi seafood, alergi cumi dll.. Nah yang alergi ayam cuman sedikit, makanya dikasih ayam terus.

Setelah makan kita menuju kampus PU untuk acara pengenalan PUSC (President University Student Council) dan PUSU (President University Student Union).

Lalu kita ada Major Gathering, yaitu berkumpul dalam satu ruangan dengan major yang sama dan sharing tentang major tersebut bersama para senior. Berhubung saya di IT saya menuju lantai 4 tapi lupa nomernya hehe..

Lalu turun lagi ke lantai satu untuk acara Club Exhibition, yaitu acara dimana eskul menunjukkan/mempresentasikan klub mereka.

Yang pertama adalah ZM (Zahirul Malaa) semacam ROHIS, ketuanya maju hanya bermodal sandal jepit dan pakaian yang dia pakai, serta dompetnya. Ditanya siapa yang sudah khatam Al-Qur’an lebih dari 3 kali disuruh maju kedepan dan dikasih 100rb tiap anak. Bagi THR dia… hehe

Kemudian satu per satu maju, mulai dari diverventure, Futsal, Basket, Pucatso, KMB, dll

Setelah itu kita menuju belakang gedung untuk memilih dimana saja kita akan mendaftar, kalo saya mendaftar di ZM, Futsal dan AISEC.

Setelah itu kita pulang ke dorm dan istirahat, malamnya kita kembali menyiapkan tentang Yell-yell, kami menyiapkan lagu yang diajarkan Mr. Andreas ketika di pilar kebangsaan, kami ambil sedikit dan kami ubah.

**Update : saya kelewatan tentang surat cinta, hahaha… Untuk cap bibir saya minta buatin sama temen, untuk foto pake pas foto, nah saya gatau ke siapa mau ngirim, direkomendasikan Kak Andre sih aku ngirim ke kak Febe, yaudah deh..

Day 4…

Hari ini kita mempunyai game Get Your Flag, yaitu kita harus menyelesaikan beberapa permainan yang membutuhkan kerja kelompok, game dibagi menjadi 2 part, di kampus ada 13 post, di dormitory ada 13 post. Kami hanya bisa mendapatkan 23 bendera dari 26 bendera.

Beberapa permainannya : Leaky Pipe, Candy in Flour, Circle in Harmony, Sleep in the air, Magic matches, remember things, dan lain-lain.

Kita disini sudah ditanamkan, menang itu kedua, yang pertama adalah have fun :)

Malamnya, kita ada Yell-Yell competition.. Grup kami dapat urutan ke 35. Lamaaa banget nunggunya. Ketika sudah dipanggil, kami berkumpul bersama SPV dan Kak Andre kembali berpidato : “Menang bukanlah yang kita kejar, mungkin banyak yang lebih baik dari kita, lebih kompak dari kita, tapi belum tentu mereka kompak dibelakang sana, bisa saja mereka tertekan.” Yaaa kurang lebih kayak gitu laaah..

Lalu kita pun tampil dan Yell-yell kita seperti ini : (dengan suasana galau dan sedih)

Right now and forever

We are always together

It is us from group 20

It is called Michael Jordan

We do never give up

Lalu yang cewek bilang “Michael Jordan, 1..2…3..4″

yang cowok pada maju yang semula dari belakang dan menyanyikan lagu 7icons “Playboy” dengan gaya yang sok centil..

Ga ga ga kuat, ga ga ga kuat

Kamu ga kuat, sama Michael Jordan

Ga ga ga level, ga ga ga level

Kamu ga level, sama Michael Jordan

Lalu, kami berhamburan kebelakang, mengambil galon air untuk dijadikan Gendang dan bernyanyi.

Michael Jordan, aha aha I like it aha aha.. 4x

Lalu teman saya Wendy (dari Semarang juga) memimpin komando :

W : “What is our group name?”

Kita : “Mi-Chael Jordan”

W : “The supervisors?”

K : “Andre , Tami”

W : “What is our tagline?”

K : “Never give up”

W : “What’s about the other?”

K :” You You you lose!”

Lalu kami duduk, dan Wendy berkata.

Kata Kak Andre dan Kak Tami, jadi juara itu ga penting”

Soooo???”

Yang penting, susah senang, kita bersama”

dan selesai… kami pun mendapat score 7, 8, 8, 8. Not bad laaah :)

Selesai Yell-yell competition ada sidak kamar, kamar kami digeledah dan tentu saja, tidak ada apa-apanya.

Day 5 & 6 …

Kali ini kita ada acara ROIN dan dibagi menjadi 3 yaitu Project Service, Transformation dan planting tree. Masing-masing group memberikan perwakilan, dan untuk planting tree saya bersama Claudia, Wasti dan Silvia bersama 4 orang dari grup 40, Amando, Adjie, Marco dan satu lagi lupa membentuk grup baru dengan nama CROT.

Pertama kita berkumpul di Auditorium untuk semacam workshop, diberi band, yang belakang bisa tidur haha,,, enaak sekali.

Kemudian kita menanam pohon, masing-masing grup menanam 5 pohon. Setelah itu kita pergi ke ruangan yang telah ditentukan untuk setiap major untuk pembagian jadwal, saya mendapatkan kelas di IT 2.

Setelah itu kita ke auditorium lalu pulang dan menyiapkan untuk Cultural Night Audition. Kita menampilkan nyanyian Sajojo, Anak Kambing dan burung kakak tua serta tari Shaman, sayang kami tidak lolos… Tapi gapapa, malah kita besoknya bisa beristirahat sedangkan yang lain sibuk General Rehearsal dari pagi haha

Malam malam jam 11 kami dikumpulkan untuk pengumuman siapa saja yang lolos audisi, setelah itu kami tidak tidur tapi harus melakukan perjalanan malam. Kami mendapat 3 buah Life Card yang digunakan sebagai nyawa selama perjalanan, dan kita harus melewati 3 buah pos.

Sebelum berangkat kak Tami SMS ke salah satu dari kami : “Apapun yang terjadi, jangan sampai 5 botol itu lepas dari kalian”

Pos pertama, kita diberi tantangan 2 buah permainan, tapi kita gagal.  1 Life Card hilang.. Lalu kita menuju pos perantara pos satu dan pos 2 atau kita sebut pos bayangan, kita disuruh menghafal PU March dan menggunakan gaya / tarian.

Sedangkan ketika dipanggil kami hanya disuruh menyanyikan reff-nya saja dan kami tidak menggunakan tarian apa-apa.

Lalu kami menuju ke pos bayangan part II, sang ketua diminta menunjukkan kartu Life Card dan memberikannya pada senior. Sang senior pun marah, kenapa life card yang sangat berharga diberikan begitu mudah, dan entah bagaimana ceritanya 5 botol kesalahan bisa ada di senior juga, lalu kita disuruh memilih antara Leader kita atau Life card + Botol. Kami memilih leader, botol dan life card disita.. Kami disuruh jalan tapi kami tidak mau, karena nyawa kami sedang ditahan.

Lalu singkat cerita kami bisa mendapatkan Life card (tinggal 2) botol dan Stephen. Lalu menuju pos 2.

Di pos 2, yang menjaga adalah kak Tami dan 2/3 orang lainnya. Ada yang bilang “Kalian di pesan apa sebelum ke sini?” Karena tidak merasa ada pesan apa-apa maka kami pun menjawab tidak tahu.

Ternyata, sebelum kami datang.. Kak Tami ditelpon kalau grup 20 disuruh menyanyikan lagu PU March, hanya grup 20. Saya gatau kenapa bisa begitu, mungkin karena kita menyanyikan ga pake gaya kali ya?

 

Let us together sing this song for you

Where we put our hearts

And we study right a place

Filled with so much knowledge

To make the future glorious

Let us forever sing the celebration of the mind

Where it build wisdom as it grows

Let us be skillfull leader

Yet contended and victorious

President University

The one we trust as the best one

President University

The place to train our mind with zest

President University

We always honour you

Red and blue, forever true

permainan di pos 2 adalah Golden Whispher, semacam komunikata gitu. Kami gagal, dan life card tinggal 1, sebagai hukuman kita disuruh makan bawang putih 2 biji, dan yang memakan adalah Kevin dan Bianda.

Pos 3, kita disuruh mencari klue di tempat gelap. Singkat cerita kami gagal, dan life car hilang + kita disuruh makan Jengkol dan satu lagi apaan gatau, mentah.

Setelah nafas bau, kita meninggalkan pos 3 dan menuju pos bayangan part III.

Disana kita kembali ditantang untuk memilih, apakah life card 3 buah (karena life card kita habis) atau  ketua tinggal / 3 orang member tinggal di tempat, kami memili anggota kami lengkap tanpa ada life card.

Lalu kami menuju bundaran, disana kami beristirahat dan waktu menunjukkan pukul 4 pagi. Malam bertebaran bintang, beberapa teman ada yang bilang lihat bintang jatuh dan pada make a wish. Lalu kami dikumpulkan.

Kami dimarah-marahin, kesalahan kesalahan kami diungkap semua, ada yang life card habis, ada yang 5 botol hilang, ada yang menukar teman dengan life card, ada yang group boardnya hilang, ada yang mengejek komite, ada yang menganggap medic sebagai babu, rambut gondrong dll..

Kami dimarahin sampai pagi, jam 7 lebih, tapi indahnya saya bisa melihat malam yang penuh bintang berganti menjadi pagi dengan matahari yang perlahan naik, sungguh indah :)

Hari telah berganti hari jum’at, dan kami setelah dimarahin dan bermaaf-maafan dengan komite dan semua divisi yang lain, kami pulang dan beristirahat untuk siap-siap cultural night malamnya.

Cultural Night dimulai selepas Maghrib, kami memakai pakaian formal, celana bahan, dasi, kemeja, jas. Semoga kami menjadi orang sukses kelak amin.

Saya (kanan) dan Roommate saya (kiri)

Cultural Night sama seperti Unity Night tapi kita duduk dan lebih formal, ada pensi, adat dari Vietnam yaitu Bamboo Dance, Drama Musical, Jainong, Shaman, dll.

Beberapa lagu yang dinyanyikan : Just The way you are, It’s My life, Final Countdown dll..

Hanya satu video yang saya bisa rekam, ini pun dengan kamera HP :hammer: jadi maklum ya kalo jelek :Peace:

Beberapa saat sebelum acara berakhir, para senior menarikan Xi Shua Shua dance yang sangat mudah untuk dilakukan. Kalo yang mau tau lagu aslinya, lihat video di bawah ini :

Download MP3 Xi Shua Shua

Pokoknya malam yang spektakuler.. Dan kegiatan Orientasi pun berakhir. :)

Overall, yang saya dapatkan.. Kegiatan orientasi di sini sangat indah dan berkesan, punya family baru yaitu grup 20, team work, ga jadi anak yang manja, harus bisa memilih dalam situasi yang berbeda-beda. Pokoknya kegiatan orientasi di sini berbeda dengan rumor yang ada tentang orientasi di universitas lain.

Saya meminta maaf kepada semua divisi kalau ada salah. Divisi security ternyata memang jadi divisi faforit karena kalimat mereka yang khas : “Make one line” “Faster” 

Unforgettable memory :)

Wassalamualaikum, AFB :kr

Incoming search terms:

  • president university
  • logo president university
  • president university logo
  • president university kaskus
  • president university jelek
  • komentar tentang president university
Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

5 Responses

  1. Birgita says:

    asik yaa! hehehe.
    apalagi bisa liat matahari terbit langsung ;)

  2. Cool blog nih, kapan2 ajarin ya gmn ngembangin blog. Keep writing! :)

  3. William says:

    Post dong foto E4 waktu rame2. wkakakaka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco