Mulailah Menggunakan Alamat Email Professional

Assalamu’alaikum :)

Teknologi semakin berkembang, hampir segala kegiatan sekarang bisa dilakukan secara online. Mulai dari transfer uang, meeting, memberikan laporan, mengumpulkan tugas kuliah, mengirim surat lamaran dan lain-lain. Tidak sedikit dari sekian banyak kegiatan tersebut yang memerlukan kita untuk berkirim email.

Ketika anda melakukan hal-hal yang saya sebutkan di atas, misalnya saja, anda mengajukan surat lamaran beasiswa di sebuah universitas atau suran lamaran kerja ke sebuah perusahaan, anda harus terlihat professional. Terutama alamat email anda.

Bayangkan saja, etis tidak jika anda melamar sebuah pekerjaan dengan alamat email: [email protected] atau [email protected] Kelihatan tidak professional sekali bukan?

Email(gambar dari blog.hiredmyway.com)

Memang apa pentingnya alamat email? Toh cuman alamat doang…

Memang kelihatannya sepele, namun ke-professional-an alamat email anda terkadang menjadi sebuah faktor penentu di berbagai perusahaan ataupun universitas dalam menentukan apakah apa yang anda request/minta di approve atau tidak.

Memang alamat email yang unik bisa saja menarik pujian dari teman-teman anda, seperti [email protected] atau [email protected] Namun, keunikan seperti ini tidaklah diperlukan oleh sebuah instansi professional, mereka malah akan menganggap bahwa anda adalah orang yang belum dewasa pemikirannya dan tidak cocok untuk masuk dalam instansi tersebut.

Selain alamat tersebut terlihat kurang dewasa, orang-orang akan kesulitan untuk mengingat alamat email anda dan mengharuskan mereka bertanya lagi kepada anda.

Saya sudah sejak lama menggunakan email saya ini, banyak yang sudah tau…

Pikirkan hal ini, memang mungkin sudah banyak yang tau mengenai alamat email anda yang anda buat dari SMA, atau bahkan dari SMP. Tetapi, anda masih muda, jenjang karir anda masih panjang. Anda akan lebih banyak bertemu dengan orang baru kedepannya daripada orang yang sudah anda kenal selama ini. Anda akan memasuki tahap di mana anda harus bertingkah dan berperilaku sebagai seorang professional. Salah satunya adalah dengan menggunakan alamat email yang professional.

Buatlah emailnya, nggak sampai 2 menit kok! (Tergantung koneksi :D)

Lalu, seperti apa alamat email yang professional itu?

Alamat email sebaiknya menggunakan nama asli anda. Misalnya saja nama saya Ahmad Fadli Basyari maka menggunakan alamat email [email protected] atau bisa juga [email protected]gmail.com. Pokoknya harus menggunakan nama anda. Biasanya, orang Indonesia memiliki paling sedikit 2-3 kata dalam namanya. First Name, Middle Name dan Last Name.

Misalnya, anda bernama Joko Widodo Hartanto (Nama ini saya karang, mohon maaf jika ada kesamaan nama :hammer: ). Maka alamat email yang bisa anda gunakan:

Pokoknya kombinasikan ketiga kata dari nama anda tersebut.

Semua kombinasi dari nama saya sudah diambil orang, gimana dong?

Salah satu alasan terbesar seseorang yang tidak memiliki alamat email professional adalah alamat email yang mereka inginkan sudah dimiliki orang lain.

Ada dua alternatif yang bisa saya pikirkan, yaitu:

  1. Ganti domain emailnya. Misalnya anda mendaftar di situs GMail dan Yahoo, coba buat alamat email baru di Outlook.com. Personally, ini adalah penyedia layanan email yang terbaik menurut saya. Tampilannya bersih dan sangat modern.
    Ketika anda mendaftar di Outlook.com dan nama anda sudah ada yang punya juga, coba ganti domainnya jadi @outlook.co.id.
  2. Berikan sedikit tambahan seperti nomor favourite anda. Jangan tahun kelahiran, terlalu besar nomornya. Mungkin bisa saja joko.widodo4@outlook.com

Ini juga catatan untuk para orang tua di sana agar memberikan nama kepada anaknya seunik mungkin :Peace:

Email saya sudah professional, lalu apa?

Lalu pelajari bagaimana etika berkirim email. Kapan-kapan saya bahas di lain artikel.

Jadi…

Memiliki alamat email yang professional ini mencerminkan sifat anda, bagaimana kepribadian anda dalam sekilas. Dengan memiliki alamat email yang professional diharapkan anda dapat memperbesar kesempatan mendapatkan peluang rekan bisnis/diterima lamarannya lebih besar. Lalu membuat anda semakin sukses. Amiiin.

AbangFadli, out :cool:

Wassalamu’alaikum :kr

Incoming search terms:

  • contoh alamat email profesional
  • contoh nama email profesional
  • nama email profesional
  • cara buat email profesional
  • contoh email yg profesional
  • nama email yang profesional
  • contoh nama email yang profesional
  • email profesional sebaiknya nama lengkap atau gimana
  • ide nama email
  • membuat email profesional
Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco