Mozilla Menunjukkan Handphone dengan Firefox OS

Assalamu’alaikum :)

Sepertinya brand-brand terkenal sekarang tertarik dengan pasar handphone. Mereka pun berbondong-bondong membuat OS versi mereka sendiri. Kalau jaman dulu, OS di HandPhone itu cuma ada Windows Mobile, Symbian dan UIQ. Sekarang, ada Android, Windows Phone, iOS, Tizen, Bada dll. Sepertinya Mozilla tak mau ketinggalan, rumor yang sudah beredar sejak tahun 2012 ini akhirnya mencapai sebuah titik terang dengan adanya salah satu orang dari Mozilla yang menunjukkan OS terbaru mereka, Firefox OS.

Firefox OS(Gambar: designtaxi.com)

Dalam rangka Mobile World Congress pada hari ke empat, Mozilla akhirnya menunjukkan ke publik, sebuah handphone bermerk ZTE yang sudah menggunakan Firefox OS.

Mozilla mengatakan bahwa Firefox OS ini menggunakan teknologi web, yang artinya seluruh tampilan antarmuka di OS ini hanyalah halaman web, namun halaman-halaman tersebut sudah tersimpan di dalam handphone tersebut sehingga bisa diakses secara offline. Mozilla mengatakan bahwa ini akan mempermudah bagi developer untuk dapat mengembangkan aplikasi di OS ini karena sudah kenal dengan teknologi web seperti HTML5, Javascript dan CSS.

Blaze Your Own Path

Blaze Your Own Path merupakan slogan dari Firefox OS yang bisa diartikan bahwa anda sendirilah yang menentukan bagaimana ponsel akan digunakan. Menurut Mozilla “Si Rubah, sama seperti Firefox OS, menyenangkan dan ramah, mendukung dan melindungi, juga cepat dan kuat. Secepat api, si Rubah tidak mengikuti aturan yang ada. Dia akan berada di manapun anda membutuhkannya-sebuah kekuatan untuk kebaikan yang menguatkan dunia mobile anda, menyulut imajinasi anda, melindungi anda dan identitas anda, dan  melengkapi hidup anda. Lincah, cepat, dan tangkas, si Rubah memberikan kebebasan di tangan anda.”

Mampukah Firefox OS bersaing?

Dengan banyaknya saingan-saingan yang ada saat ini, mampukah Firefox OS bersaing? Dengan melirik ke Apple yang sebentar lagi akan menunjukkan iOS 7 atau Google yang sebentar lagi akan mempublikasikan Android Key Lime Pie, Firefox OS haruslah memiliki sesuatu yang sangat unik dan disukai banyak orang sehingga orang ingin menggunakannya.

Belum lagi jika kita lihat kumpulan applikasi yang tersedia di Google Store dan iOS App Store, ada jutaan aplikasi di sana. Salah satu faktor krusial yang membuat sebuah OS akan sukses adalah jumlah aplikasi yang tersedia. Saya rasa Firefox bisa saja cepat menarik para developer untuk membuat aplikasi karena OS ini berbasiskan HTML, ini mempermudah para developer karena mereka tidak perlu belajar dari awal lagi.

Mungkin saja Firefox OS memiliki potensi untuk bersaing, namun dalam beberapa tahun ke depan, saya rasa iOS dan Android masih akan berkuasa. Kita lihat saja apa yang bisa dilakukan OS terbaru ini, dan semoga saya diberi kesempatan untuk dapat memiliki satu HP ber-OS kan Firefox OS :D

AbangFadli, out :cool:

Wassalamu’alaikum :kr

Referensi:
http://designtaxi.com/news/356263/Mozilla-Unveils-Striking-New-Branding-For-Firefox-OS/
Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco