Microsoft Virtual Academy – Media Pembelajaran Gratis Dari Microsoft

Assalamu’alaikum :)

Long time no blog yah…

Intro

Pernahkan anda menyadari bahwa teknologi beberapa tahun terakhir berkembang begitu cepat? Handphone contohnya. Di tahun 2008 ketika saya masih SMA, masih belum banyak beredar HP yang berteknologi layar sentuh. Kebanyakan masih menggunakan keypad, ada beberapa layar sentuh itu pun masih Resistive. Coba lihat sekarang? Layar sentuh di mana-mana.

Karena perkembangan teknologi yang sangat cepat ini lah yang membuat kita, sebagai pengguna teknologi harus terus belajar untuk memperbarui pengetahuan dan skill kita. Teknologi tidak akan menunggu kita untuk bisa beradaptasi. Mungkin saja saat ini sudah dikembangkan teknologi mengendalikan HP melalui pikiran, siapa yang tau?

Lalu?

Lalu? Ya kita belajar! Banyaaaaaaaaaak sekali media pembelajaran di internet (gratis dan berbayar). Untuk mereka yang bisa mempelajari, memanfaatkan dan membuat sebuah produk dari teknologi terbaru pasti mereka akan berhasil!

Mungkin ada beberapa dari kalian yang berpikir “Orang Indonesia itu masih susah untuk dapat membuat aplikasi/game bagus. Kalah saing dengan orang luar negeri yang jago-jago.”

ANDA SALAH!

Ingat, aplikasi yang terkenal nggak selalu datang dari luar negeri. Mungkin anda akan berpikir game-game fenomenal yang bisa sukses di pasar mobile seperti Angry Bird, Fruit Ninja dll. Indonesia juga bisa! Kita lihat saja salah satu contoh developer asal Indonesia, tepatnya dari Universitas Trunojoyo Madura (yap, mereka masih mahasiswa) yang berhasil mengibarkan bendera merah putih di Russia. Mereka memenangkan kompetisi Imagine Cup, yang notabene adalah kompetisi IT paling bergengsi berskala Internasional. Mereka menjadi juara II dalam kategori Games, mungkin anda pernah dengar nama game nya sendiri… Save the Hamster.

Download Windows 8 ->http://apps.microsoft.com/windows/en-us/app/save-the-hamsters/00cf5277-5096-45f7-a77e-2beb6ef58dae
Download Windows Phone ->http://www.windowsphone.com/en-us/store/app/save-the-hamsters/7e92fd8f-eeb2-49fb-9e97-1711639de3a7

Gimana caranya? Pastinya satu, mereka belajar. Belajar bagaimana cara membuat aplikasi yang bukan hanya bagus tapi layak untuk disebut juara.

Microsoft Virtual Academy

 MVA Logo

Seperti yang sudah saya bilang di atas, banyak sekali media pembelajaran di Internet. Mulai dari Ebook, Webinars, Video Tutorial dan lain-lain.

Microsoft Virtual Academy (MVA) adalah salah satu yang menawarkan pelatihan online gratis dari Microsoft. Dengan berbagai macam teknologi yang diajarkan oleh para ahli, mulai dari HTML, C#, App Development (Pengembangan Aplikasi), Microsoft SQL Server, Database, Private Cloud dan lain-lain banyak banget!

Metode pembelajaran yang disediakan oleh MVA ini berupa video. Ada pula beberapa yang menyertakan Handbook, Source Code kalau couresenya berhubungan dengan Coding. Bahkan ada juga semacam Quiz kecil untuk mengetes apakah anda mengerti apa yang sudah diajarkan.

MVA mengantarkan materinya melalui dua cara:

Live Events

Live events ini semacam seminar online, jadi anda bisa mendaftar pada tanggal dan waktu yang sudah ditentukan dan belajar bersama mengenai teknologi yang akan dipelajari, ada juga sesi tanya jawab langsung dengan para ahli. Anda pun belajar dengan berbagai orang di penjuru dunia. Pertanyaan anda pun akan dijawab saat itu juga oleh instrukturnya.

On-Demand Course

Gampangnya, ini adalah versi rekaman dari Live Events. Jadi setelah dilakukan Live Events, sekitar satu sampai dua minggu setelahnya rekamannya akan di upload ke situs MVA untuk dapat dipelajari sesuai waktu luang kita. Maka dari itu dinamakan On-Demand (Sesuai permintaan anda, kapan anda luang).

Kenapa Video?

Selama ini saya belajar dari Internet itu melalui e-book. Ya anda tau lah, bagaimana tebal nya ebook tersebut dan memang awal-awalnya kita semangat tapi terkadang di tengah-tengah ebook itu akan mulai menjenuhkan dan tidak selesai sampai akhir.

Ini bedanya video, jadi semacam cara yang sedikit beda dengan ebook anda langsung diberikan live coding, penjelasan langsung dari para ahli dan jika anda tidak mengerti tinggal tanya pada ahlinya tersebut.

Kenapa Academy?

Ketika kita mempelajari sesuatu di MVA, kita akan mendapatkan poin. Nah, di sini kita akan bersaing dengan orang lain di seluruh dunia untuk banyak-banyakan poin. Kita bisa melihat ranking kita secara global, maupun secara lokal.

Saat ini sudah 1.350.832 student yang terdaftar di seluruh dunia dan 12.269 dari Indonesia. Saya menduduki ranking 133 di Indonesia. Not bad lah :D

Gimana Cara Mainnya?

Pertama-tama anda membutuhkan sebuah Microsoft Account. Account ini dapat anda buat secara gratis di www.signup.live.com. Kalau ada yang kesulitan mendaftar disitu jangan malu-malu untuk bertanya.

Setelah punya Microsoft Account, langsung aja menuju TKP di www.microsoftvirtualacademy.com dan pilih menu Sign Up Now!

Sign Up MVA

Lalu anda akan diminta log-in ke Microsoft Account anda. Setelah log-in, akan ada semacam konfirmasi apakah anda ingin menghubungkan Microsoft Account anda dengan Microsoft Virtual AcademyConnect MVA To Microsoft

Setelah dihubungkan, anda akan diminta memasukkan informasi mengenai diri anda. Sebagian sudah ada yang terisi dari Microsoft Account, jadi anda tinggal menambahkan apa yang perlu saja.

Complete Registration MVA

Setelah selesai melengkapi akun anda, maka anda akan masuk ke Dashboard anda. Di sinilah status anda saat ini.

MyDashboard

Anda bisa melihat sudah berapa poin yang anda kumpulkan. Course apa saja yang sedang anda ambil dan apa saja yang sudah selesai. Anda juga dapat melihat ranking anda secara global maupun lokal.

Nah, untuk melihat apa saja Course yang tersedia anda bisa mengarahkan mouse anda ke menu Course di bagian atas.

Course Topics List

 

Disitu anda bisa melihat-lihat kategori Course apa saja yang tersedia. Ada C#, XAML, HTML5, Cloud Computing, App Development dan banyak lagi.

Misal saya pilih HTML5, lalu akan muncul semua yang berkaitan dengan HTML5.

Course List

 

Bisa dilihat pada gambar di atas. Ada berbagai macam Course dengan berbagai macam poin yang bisa didapatkan. Tingkat kesulitan dari course-course ini juga berbeda-beda mulai yang paling rendah dengan tingkat kesulitan 100, sampai paling tinggi dengan tingkat kesulitan 300. Anda tinggal pilih course yang anda inginkan, misal saya pilih Gaming Engines for Windows 8 Jump Start

Course Example MVA

Disitu akan ada yang namanya module. Module itu seperti Bab, jadi ada Bab I, Bab II dan lain-lain. Masing-masing module ini membahas topik spesifik yang berbeda-beda, tapi masih seputar judul coursenya.

Kalau anda mengklik salah satu modulenya, maka akan ada beberapa material yang bisa kalian pelajari. Material utama merupakan video, terkadang ada juga file presentasi atau ebook. Ada juga beberapa yang menawarkan semacam quiz kecil untuk menguji apakah anda sudah mengerti tentang materi yang diberikan atau belum.

 

Single Module

Kalau anda mengklik Videonya, maka akan muncul halaman baru agar anda bisa melihat langsung (streaming) video tersebut atau mendownloadnya. Saya sendiri lebih suka mendownloadnya agar bisa dibagikan ke temen-temen atau ditonton berulang kali kalau kedepannya lupa.

Single Video Module

Anda dapat memilih kualitas video mana yang ingin anda download, apakah yang versi High Quality (MP4) atau versi Standard Quality (WMV). Kalau saya sih pilih yang Standard, soalnya kualitas Internet juga nggak terlalu bagus :malus:

Setelah anda mendownload videonya, anda bisa mengambil quiz kecil tadi sebagai test apakah anda mengerti atau tidak.
NOTE: Tidak semua course memiliki Mini Quiz, hanya beberapa.

Self Assessment

 

Setelah anda menyelesaikan Course tersebut, anda dapat mendownload sertifikat dan transkrip anda selama anda belajar di MVA. Anda bisa menemukan link downloadnya di Dashboard anda, dan pilih menu Completed Course Lumayan buat nambah-nambah di CV :Peace:

Completed Course

Saat ini saya memiliki semua Video yang ada di gambar di atas. Jadi kalo yang mau minta langsung tinggal bilang aja :)

Ayo manfaatkan kesempatan belajar teknologi ini, GRATIS lagi!

AbangFadli, out :cool:

Wassalamu’alaikum :kr

Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

1 Response

  1. Tatakai says:

    asiik, thanks infonya gan
    kunjungan balik ya di http://ruangan-it.blogspot.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco