Membuat Aplikasi Windows 8 – 4 – Template dan Sample Apps

Assalamu’alaikum :)

Halo lagi, berjumpa lagi dengan saya di tutorial Membuat Aplikasi Windows 8, kali ini kita berada di postingan ke-4 yaitu postingan yang akan membahas tips untuk dapat bisa dengan cepat foundasi dasar Windows 8 Apps.

Template VS 2012

Ketika kita membuat New Project dengan Category Windows Store di Visual Studio 2012, disana terdapat 5 macam template yaitu:

Blank App

Deskripsi : “A single-page project for a Windows Store app that has no predefined control or layout.

Template yang kita gunakan untuk membuat “Hello World” di postingan ke-2 kita. Di template ini benar-benar tidak ada control atau layout sedikitpun di HTML. Tag body benar-benar kosong kecuali satu elemen paragraph. Yang sudah diberikan hanyalah struktur dasar dari sebuah Windows 8 Apps.

Template ini cocok untuk anda yang ingin membuat aplikasi Windows 8 dari scratch, benar-benar dari awal.

Fixed Layout App

Deskripsi: “A project for a Windows Store app that scales using a fixed aspect ratio layout.

Pada template Blank App kita dapat mengatur skalasi lebar dan tinggi elemen tergantung layar pengguna. Misal, pengguna yang layarnya besar akan lebih dapat melihat banyak konten dibandingkan pengguna yang layarnya lebih kecil, dimana mereka harus mengscroll ke kanan atau ke kiri.

Fixed Layout App template ini dibuat dengan menggunakan satu rasio layar yang sudah fixed, defaultnya 1024 x 768. Penggunaan paling tepat untuk template ini adalah Project Game. Dimana sebesar apapun layar pengguna, apa yang dilihat di layar mereka haruslah sama. Yang berbeda hanyalah besar kecilnya saja.

Navigation App

Deskripsi: “A project for Windows Store app that has predifened control for navigation.”

Pada dasarnya sama dengan Blank App, namun template yang ini sudah ditambahkan dengan Navigation Control. Navigation Control ini berfungsi untuk memudahkan kita meload file HTML secara dynamic dengan menggunakan satu file HTML sebagai container. Dengan hal ini, transisi perpindahan antar halaman akan terlihat lebih smooth. Konsepnya sama seperti AJAX, di mana kita hanya meload sebagian elemen pada sebuah halaman, dibandingkan kita meload seluruh halaman. Lebih enak dilihat yang mana?

Grid App

Deksripsi: “A three-page project for a Windows Store app that navigates among grouped items arranged in a grid. Dedicated pages display group and item details.

Dasar dari template ini adalah Navigation App Template. Bedanya, kalau di Navigation App hanya ditambahkan Control untuk navigasi, di Grid App ini sudah ditambahkan item-item yang sudah di group kan dan dimasukkan ke dalam List.

Dalam template ini anda bisa melihat item apa saja yang ada di sebuah group, melihat detail dari item tersebut, dan melihat semua item dan semua group. Template ini sudah dirancang sedemikian rupa agar dapat digunakan dalam posisi Snapped, Fill dan Full.

Split App

Deskripsi: “A two-page project for a Windows Store app that navigates among grouped items. The first page allows group selection while the second displays an item list alongside details for the selected item.

Kurang lebih sama seperti Grid App. Bedanya, kalau di Grid App halaman pertama menampilkan semua Item yang dikategorikan berdasarkan grup, di Split App halaman pertama menampilkan list grup nya saja. Ketika di klik, layar akan terbagi menjadi dua, yang kanan adalah item detail dan yang kiri adalah list item pada grup tersebut.

Untuk live demo template-template tersebut, bisa dilihat Video di bawah ini:

Sample Apps

Microsoft telah menyediakan sekitar 173 Sample Apps yang masing-masing menjelaskan bagaimana cara memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Windows 8. Misalnya Accelerometer, Bluetooth, HTML Control, GridView dll.

Sample Pack ini dapat di download di:

http://code.msdn.microsoft.com/windowsapps/Windows-8-Modern-Style-App-Samples

Di sana terdapat berbagai pilihan bahasa pemogramman, ada C++, C#, JavaScript atau ketiganya sekaligus. Pastikan anda mendownload file ini, karena ini akan sangat berguna. Dan pada postingan ke depan saya akan banyak menggunakan contoh codingan dari Sample Apps ini.

Okay, itulah Template dan Sample Apps yang disediakan untuk anda agar gampang memulai membuat Aplikasi di Windows 8. See you at the next post :D

Referensi:
Kraig Brockschmid. Programming Windows 8 Apps with HTML, CSS, and JavaScript, 2012.

AbangFadli, out :cool:

Wassalamu’alaikum :kr

Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco