Membuat Aplikasi Windows 8 – 3 – Mengenal AppxManifest

Assalamu’alaikum :)

Setelah kita mengetahui bagaimana Aplikasi Windows 8 pada HTML5+JavaScript berjalan, secara konsep kasar tentunya, kita sekarang akan membahas AppxManifest. Seperti yang sudah saya bilang pada postingan ke-2, bahwa AppxManifest adalah tempat di mana anda akan mendeskripsikan Aplikasi anda, tempat anda memberitahu kepada PC pengguna hak akses apa saja yang anda butuhkan agar aplikasi anda dapat berjalan dengan baik.

Masih dengan Project “Hello World” yang kita buat sebelumnya, double klik package.appxmanifest pada Solution Explorer.

AppxManifest VS2012

Application UI

Di sini adalah tempat anda memberikan semua settingan yang berhubungan dengan interaksi antara user dengan aplikasi anda (User Interface). Mulai dari nama aplikasi anda, halaman pertama yang di load, deskripsi aplikasi anda, orientasi yang bisa digunakan di aplikasi anda, dan gambar-gambar visual aplikasi anda.

Untuk Image Assets, ada beberapa gambar yang diperlukan.

Logo – Icon Apps kita di Start Screen Windows 8 (Versi Kotak Kecil) (150×150)

Wide Logo – Sama seperti logo, tapi versi Wide (310×150)

Small Logo – Icon Apps yang ditampilkan ketika kita melist semua aplikasi (30×30)

Store Logo – Icon yang akan ditampilkan di Windows Store (50×50)

Splash Screen – Gambar yang ditampilkan ketika Aplikasi kita dijalankan (620×300)

 

Logo

BTW, contoh di atas adalah Aplikasi, lebih tepatnya Games pertama saya dan tim saya (E4 Studio) di Windows 8. Trooper In Trouble, di download yah :)

Capabilities

Di Tab ini anda dapat mendefinisikan atau lebih tepatnya memilih fitur-fitur dari Windows 8 apa saja yang anda butuhkan untuk aplikasi anda. Ingat, anda harus mencentang fitur yang anda butuhkan di sini, kalau tidak dicentang tapi tetap digunakan, maka fiturnya tidak akan jalan. Misalnya, aplikasi anda dapat mengakses WebCam, tapi anda tidak mencentang capability Webcam. Maka Webcam tidak akan terbuka.

Ketika aplikasi anda akan menggunakan capability yang sudah anda centang, untuk fitur tertentu ada beberapa yang membutuhkan konfirmasi dari user lagi, misalnya Camera dan Geolocation.

Windows 8 Permission

Satu catatan lagi, jangan centang capability yang tidak anda gunakan. Karena ketika user mendownload applikasi anda dari Store, mereka akan melihat hak-hak apa saja yang aplikasi minta dan kalau mereka curiga karena anda meminta banyak sekali akses kemana-mana, ada kemungkinan mereka tidak jadi mendownload aplikasi anda.

Declaration

Di tab ini…. sebenarnya saya juga nggak terlalu yakin sih ini buat apa :hammer:

Tapi menurut saya disini anda dapat mendeklarasikan aplikasi anda agar lebih ter-integrate dengan System Windows 8. Misal, kalau anda mengset File Open Picker dan extension file nya anda set .jpg, maka dalam pilihan Open With akan ada Aplikasi anda untuk alternative membuka file .jgp.

Anda juga dapat membuat aplikasi anda bisa menggunakan fitur Search dan lain-lain. Silahkan explore sendiri, saya juga sembari mengexplore :D

Content URIs

Secara default di Windows 8 Apps, konten yang berasal dari luar tidak dapat menggunakan fitur-fitur Windows 8 seperti Geolocation. Contoh kasus adalah ketika kita ingin meload Bing Maps ke dalam aplikasi kita melalui <iframe>, jika kita tidak menambahkan apa-apa di Content URIs pasti akan ada peringatan Permission Denied. Maka dari itu kita harus memasukkan alamat Bing Map ke dalam Content URIs untuk dapat menggunakannya.

Bing Maps Denied

Dan jika dilihat di JavaScript Console yang ada di Visual Studio akan ada pesan seperti di bawah:

APPHOST9616: This URI can’t use geolocation APIs. Geolocation APIs can be invoked only from a URI that is part of the package or is included in the ApplicationContentUris element of the manifest.
File: maps

Nah, untuk mengakalinya tinggal masukkan URI Bing Maps ke ContentURIs di appxmanifest  kita.

Add Content URI

Packaging

Di tab ini tempat untuk mendefinisikan package dari aplikasi anda. Misal nama publisher, nama Apps, versi dan lain-lain. Semua yang ada di sini berkaitan dengan hal-hal ketika anda meng-submit aplikasi anda di Windows Store.

Nah, mengerti tentang appxmanifest sangatlah penting agar anda tau betul apa saja yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi yang anda inginkan untuk dibuat.

See you on the 4th post :D

Referensi:
Kraig Brockschmid. Programming Windows 8 Apps with HTML, CSS, and JavaScript, 2012.

AbangFadli, out :cool:

Wassalamu’alaikum :kr

Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco