Membuat Aplikasi Windows 8 – 11 – IntelliSense

Assalamu’alaikum :)

Heyaa.. balik lagi di serial Membuat Aplikasi Windows 8. Kali ini saya akan mencoba berbicara mengenai fitur dari Visual Studio 2012 yang sangat saya suka, yaitu IntelliSense.

Apa itu IntelliSense? Bohong kalau anda sudah pernah ngoding di Visual Studio tapi belum pernah menggunakan IntelliSense :nohope:. Atau mungkin anda menggunakannya tanpa menyadari bahwa itu sebenarnya adalah IntelliSense?

Fitur Dasar

Anyway menurut sebuah page di MSDN, IntelliSense adalah nama dari sekumpulan fitur, yaitu List Member, Quick Info, Auto Complete dan  Parameter Info. Fitur-fitur ini memudahkan para developer untuk dapat ngoding baik dan benar :D

List Member

List Member adalah fitur untuk menglist semua member yang ada dari object yang sedang kita ketik. List Member akan keluar ketika kita mengetikkan tanda titik (.) setelah nama object, lalu dia akan menampilkan apa saja member-member dari object tersebut.

List Member IntelliSense

 

Enak kan? Jadi kita tidak perlu repot melihat object nya lalu mencari member yang kita inginkan, semuanya sudah ter-list. Bahkan waktu mau ngetik “W” untuk “WinJS” sudah langsung muncul List Membernya.

Mungkin ada yang bertanya “Berarti list member akan keluar di object yang udah built-in dari Visual Studio nya? Kalau object buatan sendiri bakal keluar juga nggak?” Jawabannya adalah keluar! Seperti yang ada di postingan saya mengenai Namespace dan Class dan lihat bahwa object buatan pun akan keluar List Membernya.

Namespace AbangFadli

 

Kalau List Membernya tidak keluar, tekan Ctrl+J untuk memunculkannya secara manual.

Quick Info

Quick Info adalah kotak yang menampilan informasi mengenai member/object yang kita sedang pilih. Quick Info akan muncul ketika List Member muncul. Lihat gambar:

Quick Info IntelliSense

 

Lihat kan? Setelah kita mengarahkan pilihan ke “Application” maka akan keluar informasi bahwa dia itu adalah sebuah Object Application dan memiliki deskripsi “The newly-defined namespace”. Ini sangat berguna untuk developer apabila kita bingung mengenai fungsi dari sebuah member atau function dari Object yang sedang kita pakai.

Tetapi, untuk object buatan kita sendiri secara default belumlah memiliki deskripsi. Bisa dilihat contoh Object AbangFadli pada gambar di atas, IntelliSense hanya menampilkan “(member-variable) age” tanpa ada menampilkan deskripsi. Hal ini logis, karena IntelliSense tidak tau apa maksud dari object buatan kita bukan? Kecuali, kalau kita memberi tahu ke IntelliSense. Gimana caranya? Scroll terus kebawah yaa :D

Parameter Info

Ini juga fitur yang keren menurut saya. Ketika kita akan memanggil sebuah fungsi, terutama fungsi yang meminta parameter/argument, maka Parameter Info akan muncul dan memberitahu ada berapa argumen yang diminta, beserta tipenya dan deskripsinya.

Parameter Info IntelliSense

 

Hebat kan? IntelliSense langsung memberikan info bahwa WinJS.Namespace.define membutuhkan dua argumen, yang pertama name dan itu harus String, dan yang kedua member yang bertipekan Object. Dan untuk tiap argumen tersebut ada penjelasannya di bawah, “name: The name of the namespace. This could be a dot-separated name for nested namespaces.” Ketika kita sudah mengisikan nama nya dan mengetikkan koma (,) maka akan keluar deksripsi untuk Object members.

Dan Parameter Info ini pun akan muncul di fungsi buatan kita, tetapi untuk deskripsi tidak muncul karena itu adalah fungsi buatan kita. Bagaimana cara menambahkannya? Terus scroll ke bawah :p

Parameter Info Blank IntelliSense

Complete Word

Ketika kita mengetikkan “WinJS.Name” IntelliSense pasti sudah langsung meng-highlight Namespace bukan? Kita tidak perlu mengetikkan sisanya melainkan tinggal tekan TAB atau CTRL+Space untuk langusung memasukkan sisanya. Simple but useful!

Menambahkan deskripsi ke IntelliSense

Nah, hebatnya IntelliSense, dia tidak hanya menampilkan informasi untuk object yang memang sudah ada di Visual Studio, tetapi object buatan kita juga. Pastinya dengan memberitahu ke IntelliSense ;)

Misalnya saya buat Namespace baru di bawah ini:

Peraturannya simple, anda hanya tinggal menambahkan Comment persis di atas Object / fungsi / member yang ingin anda tambahkan deksripsinya ke IntelliSense. Jadi untuk menambahkan deskripsi ke member-member AbangFadli maka bisa dilakukan dengan cara:

Custom Description

Lihat, ada deskripsinya kan sekarang? Ini sangat berguna apabila anda membuat program bersama tim. Jadi tim anda tidak harus terus bertanya kepada anda buat apa sih fungsi ini, member ini dll.

Untuk menambahkan deskripsi ke parameter caranya juga sama, berikan Comment tepat sebelum parameter tersebut. Contohnya:

Adding Parameter Info to IntelliSense

 

Mudah kan? Kalau ada lebih dari satu parameter tinggal seperti ini saja:

Nah, semoga bermanfaat ilmunya :D

Referensi:
http://msdn.microsoft.com/en-us/library/hcw1s69b.aspx
Kraig Brockschmid. Programming Windows 8 Apps with HTML, CSS, and JavaScript, 2012.

AbangFadli, out :cool:

Wassalamu’alaikum :kr

Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco