Mahasiswa, Upload Skripsi ke Cloud!

Assalamu’alaikum :)

Pada era yang sudah serba teknologi seperti ini, sudah saatnya kita sebagai mahasiswa menggunakan teknologi. Barusan saya dapat broadcast mengenai salah satu mahasiswa jurusan VCD (DKV) di President University yang kehilangan tas ransel yang berisi laptop dan gadget. Yang menjadi perhatian saya adalah di akhir pesan broadcast tersebut mengatakan bahwa yang paling dicari adalah skripsinya yang hilang.

Sebelumnya saya masih agak ragu apakah skripsi tersebut dalam bentuk softcopy atau dalam bentuk sebuah karya (berhubung dia mahasiswa VCD).

Anyway, pesan broadcast tersebut mengingatkan saya pada berita di TribunNews yang berjudul “Kehilangan Data Skripsi, Mahasiswa Fakultas Teknik Kimia USU Gantung Diri” – link berita. Sungguh disesalkan bahwa sebenarnya hal ini dapat kita atasi dengan sangat mudah, yaitu dengan Cloud Storage.

Pilihan cloud storage sudah banyak sekali sekarang ini dan anda sudah bisa mendapatkan space puluhan hingga ratusan GB secara gratis. Beberapa contoh layanan cloud storage yang populer OneDrive, DropBox, dan Google Drive.

Apa manfaatnya upload skripsi ke Cloud (internet)?

Ketika anda upload skripsi ke cloud maka file tersebut bisa diakses dari mana aja! Dari HP, Laptop, PC yang terhubung ke internet. Jadi kalau ada kasus data skripsi hilang (dikarenakan laptop hilang, terkena virus, rusak dsb) data yang ada di cloud tetap aman.

Saya menyarankan, mulai dari sekarang, khususnya kalau anda adalah seorang mahasiswa tingkat akhir yang lagi ngerjain skripsi segeralah upload data tersebut ke cloud, sebelum terlambat. Bukan hanya data skripsi, data apapun yang bersifat penting upload lah ke cloud. Hanya anda yang memiliki akses ke data-data tersebut jadi tidak perlu khawatir kalau anda menyimpan data yang rahasia. Tapi anda juga bisa membagikan data tersebut ke orang lain. Pokoknya you have full control of who can see your files.

Semoga bermanfaat dan semoga tas ransel anak PresUniv tersebut cepat ditemukan.

Wassalamu’alaikum.

Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco