Kecepatan Internet di Berbagai Negara

Assalamu’alaikum :)

Fiuuh, sudah lama sekali ga menyentuh blog ini dengan membuat posting-an baru. Kenapa? Karena tepat 2 minggu yang lalu Wi-Fi di asrama saya sedang mengalami gangguan (kemungkinan tersambar petir), makanya saya jarang update blog ini padahal ide selalu bermunculan kapan saja.

Karena sudah saking gatel nya tidak berinternet ria lewat desktop PC saya bela-belain ke warnet yang ga terlalu jauh dari asrama. Ketika melihat kecepatan internet untuk download dari server Indowebster.com , betapa terkejutnya saya kalau kecepatannya bahkan berkisar antara 500 KBps sampai 1 MBps.

Bedakan antara 1 MBps dan 1 mbps , yang “b” nya besar itu adalah Byte sedangkan yang kecil itu adalah bit, 1 Byte terdiri dari 8 bit. Jadi kalau ada provider yang menyebutkan kecepatan maksimal sampai 512 kbps berarti jika mendownload hanya akan mencapai 512 / 8 = 64 KB/s.

Saya mencoba untuk mendownload file anime yang berukuran 150MB saja hanya memakan waktu sekitar 5 menit, saya terkejut karena paling mentok dapet speed 100KBps , dan keseringan make Telkom Speedy yang mungkin banyak yang tau kecepatannya cuma sampai berapa. Ini saya kasih ScreenShot biar saya ga dibilang bohong :Peace:

Nah, ini membuat saya terinspirasi untuk membuat postingan tentang berapa kecepatan rata-rata Internet di beberapa negara.

Pada tahun 2009, Sumber Gizmodo  menunjukkan peringkat pertama yang menduduki kecepatan Internet tercepat di dunia adalah Jepang, dengan kecepatan 61mbps :matabelo: . Dengan kecepatan seperti ini anda bisa mendownload file berukuran 100 MB dengan waktu kurang lebih 13 detik saja. Bayangkan hal itu di tahun 2009 !

Tau biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan kecepatan internet tersebut? Untuk setiap 1mbps Jepang membutuhkan USD 0.27 , berarti untuk 61mbps biaya yang harus dikeluarkan adalah $16,47 atau setara dengan Rp.148.230 ( $ 1 = Rp. 9.000 )

Kapan Indonesia bisa seperti itu ya? :(

Data pada tahun 2009 bisa dilihat di sini:

(CLICK TO ENLARGE / KLIK UNTUK MEMPERBESAR)

Nah sekarang 2 tahun sudah berlalu, pada tahun 2011 peringkat pertama bukan lagi Jepang tapi Korea Selatan yang mengklaim menggunakan kecepatan 1 Gbps (Giga Bit Per Second). Silahkan mengkalkulasi sendiri kecepatan yang didapatkan pada saat download. Penduduk jepang hanya mengeluarkan biaya kurang dari $27 untuk menikmati kecepatan super dewa tersebut. Jika di rupiahkan maka kira-kira Rp.243.000,- :nohope:

Indonesia bisa! Susul dan lampaui negara-negara tersebut!

Wassalamu’alaikum, AFB :kr

SUMBER :

1. http://gizmodo.com/5390014/internet-speeds-and-costs-around-the-world-shown-visually (2009)
2. http://www.nytimes.com/2011/02/22/technology/22iht-broadband22.html?_r=1&adxnnl=1&adxnnlx=1322486430-hDmPnfg92Pvt2nddJv3SlA (2011)
3. Peta Kecepatan Internet di dunia (2011) http://chartsbin.com/view/2484

Correction : Data yang pertama kali saya dapatkan adalah data tahun 2009, ada beberapa yang mengoreksi dan memberikan sumber yang lebih update, maka dari itu saya minta maaf ya :)

 

Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

13 Responses

  1. andre says:

    ngeblog memang menyenangkan, but paling tidak tulis dengan akurat, tidak menyesatkan. Memakai sumber jelas sudah bagus, tapi sumber kapan itu???
    Dah lama banget. Perkembangan teknologi ja udah sangat cepat. skrg udah 2011. List yg agan jadikan sumber tu 2009. skrg di luar negeri inet kecepatan dah 100 mbps dah biasa gan. Udah Gbps skrg.
    google aja gan ntar pasti ketemu hasilnya.
    mgkn agan harus edit dan tambahkan, menurut Gizmodo (2009) negara dengan koneksi tercepat adalah Jepang dengan 61 mbps. kl kyk gt seh ga masalah. tanpa itu org yg ga tau mikirnya jepang skrg kecepatanya sgtu dan Jepang no 1 skrg

  2. Ipras says:

    Emang kalo kecepatan internetnya sampe segitu bisa bikin ngilerrr… :D

    Tapi kalo ane sendiri malah lebih suka yang kecepatan standar-standar aja, karena kalo dah terlalu cepet harddisk 500GB, bisa penuh kurang dari sebulan… wkwkwk… *boros space :)

    Sesuai kebutuhan aja deh :)

  3. wah jauh banget indonesia sm jepang, gmn nyusulnya bro ?? hehehe …

  4. dherwan says:

    denger denger sekarang lagi test kecepatan 1.5 Gbps di Inggris, katanya koneksi paling kenceng sedunia ya ?

  5. prapto says:

    mas nyebut di atas di warnet kecepatan bisa sampai segitu? itu pakai apa mas? kebetulan saya ingin buka usaha warnet juga tapi rasanya telkom speedy gak sampai segitunya ya. Saya sebaiknya pakai apa ya mas, mohon petunjuknya. terima kasih.

  6. Guarleon says:

    Sekarang sudah tahun 2015!… dan gw sering kena limite T_T

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco