IdBlogNetwork – PPC dengan Rate Tertinggi di Indonesia

Assalamu’alaikum :)

IdBlogNetwork (IBN), sebuah PPC Asli Indonesia yang menawarkan rate  minimal Rp. 1.000,- per klik. IdBlogNetwork sendiri berdiri pada bulan Agustus 2010. IdBlogNetwork ini dirintis oleh Kukuh Tw (Pemilik KumpulBlogger) , Mubarika Darmayanti dan Mochammad Farid.

Kemarin Senin adalah waktu saya menerima PO / Gaji pertama saya dari IBN dan rasanya sangat manis sekali. Dompet saya tidak pernah setebal ini sebelumnya ! hehehe..

Untuk memberikan rasa terimakasih buat IBN, saya memberikan waktu luang untuk menulis artikel sederhana ini.

Cara Mendaftar ke IBN

Caranya sangat mudah sekali, tidak ribet. Anda tinggal daftar dan jangan lupa baca TOS secara SEKSAMA ! Kemudian setelah mendaftar anda akan diminta memasukkan email rekomendasi dari anggota IBN yang sudah ada, tapi maaf saya tidak semudah itu memberikan email rekomendasi karena jika yang saya rekomendasikan membuat ulah / melanggar, maka saya akan mendapat imbasnya juga. Jadi harus berhati-hati, namun email rekomendasi bisa mempercepat proses review blog anda, dulu saya mendaftar (sekitar bulan April) tanpa email rekomendasi dan diberitau bahwa proses review bisa saja berjalan sampai 6 bulan (wow… ) berhubung saya tidak punya email rekomendasi saya lanjut saja tanpa menggunakan email rekomendasi dan hasilnya saya diterima tidak sampai seminggu :)

Jadi yang penting, blognya harus bersifat orisinil dan bukan copy paste serta tidak melanggar TOS IBN.

Layanan IBN

IBN memberikan layanan PPC ,PPA, PPP, dan PPT

    • PPC (Pay Per Click) dengan Rate Tertinggi yaitu minimal Rp. 1.000 ,- . Saya pernah dapat iklan Ponds (Rp. 2.048,-) dan Rexona (Rp. 1.700,-) dan masing-masing hanya dapat 2 klik :(Seperti PPC lainnya, user dilarang mengklik iklannya sendiri.. dan IBN punya filter IP jadi mengklik iklan ditempat yang sama sebanyak 2 kali tidak akan terhitung karena IPnya sama.

 

    • PPP (Pay per Post) atau lebih dikenal di kalangan IBN dengan Job Review. Tugasnya untuk mereview suatu produk, ini sangat besar harganya tapi membutuhkan waktu kurang lebih 45-60 hari untuk cair dananya ke rekening kita. Saya pernah mendapat 1 job review dan diberi harga Rp. 800.000 ,-  ada juga Job Review yang sampai 1 Juta harga per postingannya. Perlu diperhatikan bahwa jika mendapatkan Job Review ini HARUS MELAPORKAN SECARA BERKALA (MINGGUAN) tentang klik dan jumlah impresi (view) yang terjadi pada artikel tersebut kepada Admin, Co-Admin dan Support.  Ada beberapa user yang tidak mematuhi ini dan akibatnya , bukan hanya dia yang lupa melaporkan tapi semua anggota yang harusnya PO bulan itu tertunda sampai 2-3 minggu lamanya. Ini sangat penting dimana kalian harus memikirkan anggota yang lain. (ini sudah terjadi 2 bulan terakhir) Saya sarankan membaca TOS dan Tata Cara PayOut secara Seksama ! Jangan sampai ada yang tidak mengerti, kalau tidak mengerti langsung tanyakan saja.

 

    • PPA (Pay Per Action) Ini sangat mantap sekali, User diperbolehkan mengklik iklannya sendiri. Sebuah klik baru akan valid ketika sebuah aksi telah dilakukan, contohnya saja PPA pada saat ini adalah berniaga.com , situs jual beli di Indonesia.. Maka klik akan Valid ketika sudah memasang iklan di berniaga dan iklan itu di approve. Lihat selengkapnya di postingan saya tentang Berniaga. Harga per Action berniaga Rp. 3.500,-

 

    • PPT (Pay Per Tweet) Layanan ini menggunakan Jejaring Sosial Twitter, anda diminta untuk Tweet sebanyak 140 karakter dan  anda akan dibayar Rp. 150.000,- per tweet. Lumayan kan? Tapi ada syaratnya, jumlah follower anda harus minimal 500 orang. Saya sendiri belum pernah merasakan PPT :(

 

    • Yang terakhir dan terbaru adalah Charity / Sumbangan, jika seorang User belum mencapai jumlah minimum PO maka dia bisa menyumbangkan uangnya ke yayasan yang membutuhkan.

 

Alasan Mengapa Harganya sangat Tinggi?

Alasan mengapa Harganya sangat tinggi karena yang menjadi Advertiser bukan per-orangan yang menjual “mimpi” untuk cepat kaya dan sebagainya, namun Advertisernya adalah brand terkenal seperti Indosat, Telkomsel, Ponds, Rexona, dan lain-lain.

Mendapatkan Iklan dari IBN

Tidak semua blog yang telah terdaftar akan langsung mendapat iklan oleh IBN, Perlu diingat bahwa IBN tidak mengutamakan Traffic blog , tapi Blog yang bersifat User Experience lebih diutamakan.

Kenapa begitu? Karena yang menjadi penyedia iklan kan Brand Terkenal, jika mereka ingin mengejar view yang banyak maka mereka tidak perlu repot, tinggal pasang di Google Adwords atau pasang di Detik, Vivanews dan sebagainya yang tentunya jumlah Visitornya jauh lebih banyak dari blog pribadi.

Apa yang Advertiser kejar di sini adalah ketika seorang visitor membaca blog anda dan anda menulis sesuatu tentang produk yang sedang ada di space iklan anda, anda ulas bagaimana kelebihan produk tersebut, ini akan mempengaruhi pembaca untuk membeli produk tersebut. Ini yang dinamakan User Experiences.

Oh ya, untuk mendapatkan iklan bukan IBN yang memilih blog mana yang mendapatkan iklan, tapi Advertiser itu memilih blog mana yang niche / kategori nya cocok dalam iklannya, misal Telkomsel dan Indosat mencari blog yang membahas tentang teknologi dan Widget.

Nah, ketika mendaftar anda akan ditanyakan blog anda dalam kategori apa (tersedia 3 pilihan kategori)

  • Anak Muda pria / wanita (17-25 tahun)
  • Wanita / Karir / Ibu RT (21 – 45 tahun)
  • Eksekutif / profesional / pengusaha pria atau wanita (25-45 tahun)

Namun, ternyata IBN memiliki sub kategori yang sangat banyak (mungkin ada 50an) dan ini dirahasiakan. Jadi Advertiser tinggal memilih kategori mana yang cocok untuk iklannya

IBN hanya menjembatani, jika kamu tidak dapat iklan maka jangan terlalu sedih. :) Ingat tujuan utama blogging apa? Apakah mencari uang ataukah sekedar ingin berbagi :)

Jalan-Jalan gratis ke Hongkong Disney Land

Beberapa waktu yang lalu (ketika saya belum mendaftar) IBN bersama rekan blogger lainnya (kalau ga salah 6) mendapatkan kesempatan jalan-jalan gratis ke Hongkong Disney Land. Sangat hebat bukan ? :)

BACA TOS dan JANGAN PERNAH MELANGGAR TOS

Oh ya, sering-sering main di IBN FansPage dan berteman dengan para pendirinya, karena IBN sangat dekat dengan anggotanya :)

Wassalamu’alaikum, AFB :kr

Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

17 Responses

  1. Sudarsono says:

    Sangat senang membaca artikel ini, karena saya juga anggota IBN. Namun dalam hal keuangan, saya kalah dengan anda. Kenapa? Saya belum dapat memasang iklan yang ditawarkan IBN di blog saya, padahal IBN sudah dua kali menempatkan iklan di blog saya. Saya sendiri sampai sekarang belum tahu caranya agar iklan yang diberikan IBN dapat muncul di blog saya.

    Namun saya tidak berkecil hati, karena tujuan saya ngeblog memang tidak mengejar finansial.

    Selamat untuk anda.

    Salam
    Darsono/Simbah

    • afadlib says:

      Senang rasanya kalau yang baca artikel saya ini seorang IBN member juga, dan merasa senang dengan artikel saya :)
      Kalau masalah iklan, kalau anda sudah memasang banner nya, maka tinggal menunggu saja kalau kebagian jatah iklan dengan ukuran yg ada di banner anda pasti iklannya akan ter-load sendiri.

      Salam juga :)

  2. aswida says:

    nice post fad. Nanti bantu ya biar saya mengerti. Hehe

  3. amalul says:

    makasi penjelasannya, saya juga member IBN, alhamdulillah ni saya sedang memasangnya di blog saya, dan sekarang lagi kebagian iklannya PONDS, kunjungi blog saya ya..

  4. Saya sudah 3 bulan jadi member IBN… Tapi penghasilan saya baru Rp. 2000,- :( Jadi mulai malas bermain di IBN…
    Iklan PPC nya jarang muncul :P
    sedangkan kalau PPA, saya rasa kurang menghasilkan… tak pernah ada action dari PPA ane mas bro :(

  5. woody says:

    seep informasinya IBN memang PPC terbaik Indo saat ini

  6. drieant says:

    wah mantap ni gan, ane jadi pengen. hehehe. ulasanya menrik banget ni ga, cara mendaftarnya ribet ga ya gan?

  7. amir says:

    ga mau ambil resiko gan..takutnya nanti harus nunggu 4-6 bln kalo ga pake email reco…itu bagi aku yang internetnya per jam harus bayar.

  8. Mata Dunia says:

    Thanks sobat informasinya…. :)

  9. kutulis says:

    wah. mantap iklan dari IBN.. benar benar premium…

  10. harry says:

    wah mantep tuh sob klo dapet job ppp, ane aja belum dapet, kunjung balik ya sob, salam kenal

  11. irpan says:

    mantap artikel nya gan,.
    oh ya,ane bisa mntak tolong,.ane mau ndaftar juga di ibn,.bisa mntak email untuk rekomendasi nya??
    lw bisa,.kirim ke sini aja ya gan,.
    [email protected]
    trmksh sblm nya,.

  12. Thanks buat infonya,,baru” ini saya mendafatar jadi publishernya IBN dan dengan waktu 2 hari ternyata blog saya lansung di approve oleh IBN, tapi iklan yang tersedia belum ada untuk saya. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco