IdBlogNetwork Goes To Singapore – Departure

Assalamu’alaikum :)

IdBlogNetwork Goes To Singapore. Ya, saya dan tim IdBlogNetwork menghadiri rangkaian acara StartUp Asia, yang pertama dilaksanakan di Singapore 2-3 February 2012. Ini adalah salah satu kenangan yang akan sulit terlupakan dalam hidup saya :)

IdBlogNetwork at a glance

IdBlogNetwork adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang advertising terbesar di Indonesia. Dengan anggotanya yang sudah mencapai ribuan, menjadikan IdBlogNetwork sangat terkenal di kalangan Blogger Indonesia.

Awal mulanya …

Kenapa saya bisa ikut ke Singapore? Well, rejeki emang enggak kemana. Akhir bulan Desember 2011 IdBlogNetwork mengadakan lomba Video Blogging yang diikuti member IdBlogNetwork itu sendiri, dengan iming-iming hadiah pergi ke Singapore untuk 2 orang pemenang untuk mendampingi IdBlogNetwork dalam acara StartUps Asia.

Lomba Video Blogging IdBlogNetwork itu berakhir pada tanggal 10 Januari 2012, kebetulan saya juga sedang liburan pergantian semester dari study saya di President University. Maka sudah bulat tekad saya untuk mengikuti lomba ini.

Konsep yang akan saya gunakan muncul dari sebuah film yang berjudul Limitless, dimana ada scene sang aktor utama, Eddie, muncul kembar 4 atau 5 dalam satu gambar. Saya pun membuat konsep yang serupa, namun hanya menggunakan kembar 2 saja.

Saya pun mulai mencari caranya lewat internet dan akhirnya tau kalau triknya hanya menggunakan tripod dan software yang mendukung. Dalam kasus ini saya menggunakan Pinnacle.

Lalu saya masuk ke proses pembuatannya, yang dimulai pada Kamis siang hari. Kamera saya letakkan di tripod, lalu saya bercuap-cuap tentang IdBlogNetwork kepada kamera dengan pede. Pertama saya membuat adegan diri saya yang di sisi kanan, lalu setelah selesai semua, baru saya membuat adegan untuk di sisi kiri.

Ketika saya mencoba untuk menggabungkan videonya, ternyata gagal :(. Terlihat jelas perbedaan intensitas cahaya pada video kanan dan video kiri. Hal ini terjadi karena saya melakukannya dari siang – sore. Pada waktu siang hari banyak intensitas cahaya yang masuk sehingga membuat dinding di rumah saya menjadi lebih terang, sedangkan ketika sudah sore hari ketika saya melakukan adegan untuk diri saya yang disebelah kiri intensitas cahaya sudah berkurang sehingga dinding di rumah saya pun menjadi lebih gelap.

Sempat putus asa dengan video yang saya buat, saya pun tertidur… dan bangun-bangun sudah jam set 1 malam :moon:. Saya pun bertekad untuk membuat video itu lagi, malam Jum’at saya berbicara sendiri di rumah yang kebetulan tidak ada siapa-siapa selain saya. “Masa bodoh sama hantu, yang penting ada kesempatan ke Singapore bersama IdBlogNetwork” :D

Saya pun bercerita pengalaman saya blogging dan bagaimana kenal IdBlogNetwork, apa keunikan IdBlogNetwork dan keuntungan yang didapat dari IdBlogNetwork. Lihat sendiri deh videonya :)

Sesi shooting pun selesai pukul 3 pagi karena banyak sekali scene yang gagal (berasa artis pemula, harus ulang-ulang scene terus :p). Lalu saya pun memulai proses editing yang bisa dibilang tidak cukup mudah, karena saya harus menyamakan durasi video kanan dan kiri.

Sesi editing pun selesai pukul 6 pagi, setelah saya tonton lagi ternyata ada beberapa bagian di mana audionya tidak terdengar dengan jelas. Tidak menyerah, saya pun membuat Subtitle nya dengan software Aegisub. Alhasil, video siap diupload pukul 7 pagi. Tapi saya tidur dulu, karena semalaman tidak tidur :hammer:.

Inilah hasil video saya :malu:
Untuk dapat memakai subtitle klik tulisan CC di playernya yah

http://www.youtube.com/watch?v=oz3qQeQj8vQ

Setelah meng-upload ke Youtube pada tanggal 6 Januari. Saya pun menunggu hasil pengumuman. Pada tanggal 8, hari pertama saya masuk kuliah semester 2, saya baru tau kalau batas akhir pengumpulan Video blogging paling lambat diperpanjang menjadi tanggal 15 Januari.

OH MY GOD!!! Padahal udah seneng banget saingannya masih dikit dan ada 80% kemungkinan untuk menang. Jadi deg deg ser dah itu nunggu pengumuman. Video-video saingan dari blogger IdBlogNetwork yang lainnya pun mulai bermunculan, dan bagus-bagus semua :(

Tiap malam sebelum saya tidur, saya lihat video saya sendiri lewat HP Android di YouTube agar Views nya nambah (Siapa tau jumlah views juga berpengaruh :p) sampai kuota Internet saya habis dan internet speednya jadi lambat banget :nohope:

Dan tibalah saat pengumuman, 17 Januari 2012. Kebetulan lagi buka Facebook siang-siang, liat Fans Page IdBlogNetwork baru aja update tentang pemenang kontes Video Blogging dan diumumin di Forum IdBlogNetwork. Langsung saya klik link yang menuju ke forum, dan melihat pengumumannya. Karena speed internet hape lama banget, jadi itu saat paling menegangkan deh menunggu halaman sampai terload dengan sempurna, dan ketika melihat nama saya di sana…. SUJUD SYUKUR, Alhamdulillah :D :D :D

Saya dan Muhammad Risman (Rizved.com) akhirnya menjadi 2 blogger IdBlogNetwork yang terpilih untuk maju bersama IdBlogNetwork ke ajang StartUps Asia di Singapore. Sayapun nggak ngira bisa menang, jujur aja video saya bisa dikatakan kualitasnya dibawah rata-rata dibandingkan video-video blogger IdBlogNetwork yang lainnya. Ternyata memang Allah merencanakan segalanya. Baca terus kenapa saya bisa menang yah :)

Paspor?

Paspor? Oh iya paspor! Pihak IdBlogNetwork meminta saya untuk mengirimkan scan Paspor dan KTP paling lambat tanggal 24 Januari, padahal waktu itu tanggal 17 Januari. Aduh! Setelah melihat-lihat syarat permohonan paspor harus ada KAKA+AKTA LAHIR. Dan coba tebak, semua dokumen itu ada di SEMARANG! dan saya waktu itu berada di CIKARANG!. Walaupun sama-sama berakhir dengan nada -ANG tapi kedua tempat itu sudah beda provinsi :hammer:

Akhirnya saya meminta tolong Ibu Tercinta untuk mengirimkan berkas2 yang dibutuhkan, dan baru sampai hari Kamis Malam. Esok harinya saya langsung bertekad untuk mengurus pembuatan paspor. Tapi saya berpikir, kalau mengurus dengan jalur biasa pasti akan memakan waktu seminggu lebih dan tidak akan jadi pada hari yang diminta IdBlogNetwork, yaitu tanggal 24. Terpaksa saya menggunakan jasa calo (Oh maafkan saya Indonesia tercinta :( )

Hasil akhir, paspor jadi tanggal 24 dan langsung saya kirim ke Admin IdBlogNetwork, dan pikiran pun tenang :siul:

Hari Keberangkatan…

Perjalanan saya dimulai jam 1 siang ketika sampai di Bandara Internasional Soekarno Hatta dan bertemu Mbak Rika, Mas Kukuh, Mas Radit dan Mas Jarot -> Paling gokil, serta bertemu dengan Rizved, blogger yang sudah lebih berpengalaman daripada saya. Jadi total ada 6 orang yang berangkat ke negeri Singa.

Awalnya saya canggung :malu: Maklum saja, dengan Mbak Rika belum terlalu akrab, paling hanya berani komentar di status Facebooknya, apalagi sama Mas Kukuh, karena dulu hanya bisa melihat mereka berbicara dari jauh ketika acara Blogilicious di Jogja, sedangkan Mas Radit dan Mas Jarot belum pernah dengar sama sekali hehe :D. Berbeda dengan Rizved yang sudah sering cuap-cuap dengan orang-orang IdBlogNetwork, jadi paling tidak sudah lebih akrab daripada saya. Tapi ternyata mereka semua baik, ramah, easy-going, terbuka semua orangnya. Sehingga saya pun sedikit demi sedikit mulai mengakrabkan diri dengan mereka. Mantap abis deh ini orang-orang dari IdBlogNetwork :thumbup:

Ketika sudah kumpul semua, kami langsung menuliskan data diri tentang keimigrasian, untuk menghangatkan suasana, kami mengambil beberapa gambar untuk diabadikan sebagai awal mula perjalanan kami menuju Singapore dan StartUps Asia, dan inilah tim IdBlogNetwork:

IdBlogNetwork team di Bandara SoeTtaDari kiri ke kanan:
Mas Radit, Mbak Rika, Saya :cool:, Rizved, Mas Jarot

IdBlogNetwork team di Bandara SoeTta

Paling kanan : Mas Kukuh

Singapore, Here We Are !

Setelah itu kami pun lepas landas menuju Singapore dan tiba pukul 6 sore waktu setempat (pukul 5 waktu Indonesia). Mbak Rika bilang “Touchdown Singapore!“. Sedangkan saya dalam hati bilang “Ya Allah, saya benar-benar di luar negeri:D
Dan jika para pembaca melihat bandara Changi Singapore, maka akan sulit membedakan apakah itu bandara atau sebuah Mall. Benar-benar banyak tokonya!

Lalu kami pun menyantap makan malam di King Burger. Dan disinilah diungkapkan kenapa saya bisa memenangkan kontes video blogging IdBlogNetwork. Bagi yang sudah melihat video saya, pasti tau konsepnya. Yaitu saya meng-cloning diri, sehingga saya tampak seperti punya kembaran. Konsep ini membuat Mas Kukuh teringat akan kembarannya yang ada di AS, Mas Gunawan. Nah maka dari itu saya menang. Sebuah faktor yang sangat tidak terduga, dan sangat menguntungkan saya :D

Dan ini adalah foto Mas Kukuh dan Mas Gunawan, foto lama sih, cuma ini foto yang bisa saya temukan :siul:
Foto di bawahnya adalah foto saya dengan “kembaran” saya :D

Mas Kukuh + Mas Gunawan

AbangFadli.com dengan kembarannya

Setelah puas menyantap makan malam, kami pun melanjutkan perjalanan menuju penginapan tim IdBlogNetwork di Sleepy Sam. Tapi sebelumnya kami mengabadikan sebuah foto pertama ketika sampai di Singapore. Kami pun memesan taksi dulu di bandara, taksi yang muat untuk menampung kami semua, akhirnya dipesan taksi Alpard yang bisa muat sampai 7 orang penumpang.

IdBlogNetwork Changi AirportKiri ke kanan:
Boy Band IdBlogNetwork
Rizved, Saya :cool:, Mas Kukuh, Mas Radit, Mas Jarot

IdBlogNetwork Changi Airport

Kiri ke Kanan:
Saya :cool: , Mas Kukuh, Mbak Rika, Rizved

Supir taksi di Singapore sungguh istimewa, merangkap seperti pemandu wisata. Dia memberikan informasi kepada penumpangnya tentang lokasi-lokasi yang harus dituju bagi turis seperti kami. Sepertinya mereka sadar betul bahwa kedatangan turis seperti kami akan membawa visa bagi negara mereka, dan mereka ingin membuat kesan yang baik terhadap para turis agar datang lagi ke Singapore, supaya visa negara mereka makin banyak. Bener-bener dah, salut banget sama kesadaran supir taksi tersebut.

Sesampainya di Sleepy Sam, waktu sudah menunjukkan jam 9 malam. Saya dan kawan-kawan IdBlogNetwork pun lekas beristirahat untuk bersiap untuk kegiatan esok pagi yang lebih seru bersama kawan-kawan IdBlogNetwork. Saya, Rizved dan Mas Jarot pergi ke lantai satu untuk menge-charge gadget kami, memang yah, manusia jaman sekarang tidak bisa hidup tanpa gadget :nohope:.

Oh iya, satu hal yang perlu diingat! Kalau ke Singapore pastikan bawa penghubung colokan kaki tiga, karena di Singapore tidak ada colokan yang menerima kaki dua.

steker kaki tiga

Lanjut ke Part 2 Yah :)

 

Fully Support By:

Telkom Indonesia

Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

8 Responses

  1. Cerpen says:

    Waduh jadi ngiri ama agan…
    tapi salut untuk videonya memang sangat bagus dan pantas pergi ke Singapura,…

  2. mubarika says:

    Hhahahahhahaa… ada foto kukuhtw dan Gunawantw.. mission accomplished ^_^

  3. adetruna says:

    bicara rejeki takkan kemana itu sebanding dengan upaya kreatifitas yg telah dilakukan, you are very deserve! \m/ SELAMAT YA :)

  4. recky says:

    bikin ngiri nih wkwkwkkwkwkwkwkw

  5. Gaptek says:

    Wuihh keren pake efek kembar :)

    Owwww di LN rata2 make colokan kaki tiga yaaaa :) pantesan netbookq kakinya tiga . Pertama beli bingung

    “colokan macama apa ini ?” #gaptek

    he

  6. afadlib says:

    @Cerpen & Adetruna : Makasih ya mas mas :D
    @Mbak Rika : haha, sayang nggak dapet yg up to date mbak :p
    @Gaptek : haha, iya mas. Lain kali hati-hati kalau ke LN yah :D

  7. wow idblogger makin maju saja sukses ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco