Mengenal Google+ Sang Pesaing Facebook

Assalamu’alaikum :)

Kali ini saya bahas tentang pesaing Facebook yang baru, Google+ (Google Plus). Baru-baru ini Google mengeluarkan Social Media baru yang diberi nama Google+ , apa saja fitur dan keunggulan Google Plus dibanding para pesaingnya? Ayo di bahas :army:

Sebenernya Google tu udah sering membuat layanan untuk mengalahkan Facebook seperti Google Buzz, Google Wave dan lain-lain. Tapi ternyata kekokohan Facebook belum mampu tersaingi karena usaha Google tersebut kurang ada peminatnya. Lalu sekarang Google mengeluarkan Google Plus untuk kembali mencoba, akankah berhasil? Kita lihat saja.

Google Plus ini hampir mirip dengan Facebook, kita bisa update status, memberi komentar pada status, upload video, gambar (JPG dan GIF) dan lain-lain.

Aplikasi mobile untuk Google+ sendiri sudah mencakup untuk platform Android, Mobile Web, dan iPhone. Dan sampai saat ini Google+ mencatat sejarah tentang Social Network tercepat dalam hal perkembangan, sudah menginjak 3 minggu sejak awal diluncurkan, pengguna total sekarang udah sampai 18 juta pengguna. Kalo dirata-rata nih ya, satu minggu 6 juta, satu hari sekitar 800.000 ribuan pengguna yang mendaftar setiap harinya.

Akun Google+ yang paling banyak di follow adalah akun Mark Zuckerberg, sang pemilik Facebook, yaitu sekitar 250.000 orang, padahal Mark tidak pernah posting apapun di Google+ hahaha, lucu sekali.

Google Account Integration

Nah ini fitur Google yang paling saya suka, adanya Google Account Integration. Bayangkan saja  anda bisa mengakses Google+, Youtube, Gmail, Blogger, Google Reader, Webmaster, Analytics, Goo.gl dan seabrek layanan Google lainnya tanpa perlu registrasi / daftar lagi, cukup dengan satu akun Google saja. Daripada mengingat-ingat password dan username yang begitu banyak di berbagai layanan situs, mending pakai satu password dan username untuk semua layanan Google.

Circle

Yang membedakan Google dengan Facebook adalah fitur pengelompokan jenis teman yang disebut “Circle”. Misalkan saja kita punya dua jenis relasi, pertama relasi teman dan kedua relasi keluarga, tentunya saja ketika kita ingin update status seperti “huhu, enggak dibolehin Papa keluar besok :( Jahaaat >.<”
Pasti Anda tidak mau status anda tersebut diliat oleh Papa atau Mama anda kan? Bisa-bisa dipotong uang jajannya hahaha.
Nah di sinilah fungsi Circle berguna, kita membuat dua circle yaitu “Friends/Teman” dan “Family/Keluarga” dan ketika kita update status  tinggal pilih status itu mau dibagikan ke Circle mana aja. Circle yang tidak dipilih tidak akan bisa melihat status tersebut.

Sebenarnya fitur ini juga dimiliki oleh Facebook dengan memanfaatkan fitur “List” tapi sepertinya kalau yang mengakses dari hape/mobile masih tidak bisa menggunakan fitur ini.

Hangouts

Hangouts ini juga fitur yang tidak ada di Facebook, yaitu Video Conference. Fitur ini bisa untuk Video-chat dengan lebih dari dua orang. Sedangkan Video-chat dengan 2 orang juga bisa dilakukan.

Huddle

Pernah ingin ngajak main orang banyak ? Tidak perlu membuat Group untuk bisa chat dengan orang banyak di Group itu. Cukup manfaatkan fasilitas Huddle dan pilih saja teman yang akan diajak chat, lalu chat group akan terbuat secara otomatis.

Mengurus Data Pribadi Lebih Baik

Facebook itu dikenal dengan tidak lihai dalam mengurus data pribadi, misal jika kita tidak ingin menampilkan sesuatu hal dari informasi kita secara publik, atau kita ingin benar-benar menghapus akun kita secara keseluruhan tanpa ada fitur untuk membangkitkan kembali data-data anda. Sedangkan Google+ tidak, mereka bisa benar-benar menghapus akun anda sampai tak tersisa ketika anda menginginkannya.

Yah, saya harap saja Google+ bisa menjadi pesaing ketat Facebook, dan sedikit ketat dalam urusan dagang2an / jualan barang lewat tag foto seperti yang sedang marak di Facebook sekarang ini, dan menyebabkan kurangnya minat orang untuk kembali Facebook-an.

Wassalamu’alaikum, AFB :kr

Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

3 Responses

  1. Ayu says:

    Q baru tau kehebatan google+ tapi menurutku cara pemilihan bahasa google+ sulit untuk dimengerti mangkanya meskipun banyak fitur dan kelebihannya, mrk disana masi menggunakan facebook karena fb itu cakupan bahasanya lebih dimengerti oleh semua kalangan. Q juga sulit ngeti tentang bahasa2 google+ ,, waaah..pkknya bikin binguung. hehe :)

    Bingung karena g terbiasa atau apa. Yaaa… q kurang tau jg,,hheehe

  1. July 25, 2011

    […] Mengenal Google+ Sang Pesaing Facebook Posted by afadlib Jul-22-2011 Internet, Web Service […]

  2. September 22, 2011

    […] Bagi yang belum membuat akun di Google+, Hellooo?? kemana aja?? segera buat !! Apalagi Google+ sudah terbuka untuk Umum, kalau mau tau fitur Google+? Bisa lihat postingan saya Mengenal Google+ sang Pesaing Facebook. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco