Goo.gl , URL Shortener dari Google

Assalamu’alaikum :)

Goo.gl , URL Shortener dari Google.. URL Shortener adalah layanan dimana anda dapat mengubah URL yang sangat panjang menjadi lebih pendek, tapi tujuan URL itu tetap sama.

Sekarang ini banyak sekali layanan URL shortener, seperti cektkp.com adf.ly dan lain sebagainya. Google pun tak mau kalah dengan memberikan layanan serupa yang diberi nama Goo.gl

Goo.gl sendiri bisa diakses dengan mengetikkan alamat goo.gl di browser, nanti anda akan langsung menuju tempat pemendekan link.

Kenapa harus pakai URL shortener ?

Banyak orang yang membagikan link pada orang lain lewat web, banyak sekali. Mereka share di Facebook, tweet di Twitter, atau membagikannya lewat Email, apalagi Social Network seperti Facebook dan Twitter sekarang sudah tumbuh besar dan semakin banyak orang yang menggunakannya, dan karena twiiter membatasi penggunaan karakter maka lebih baik kan kalo membagikan link http://goo.gl/Bkz6m daripada yang panjang seperti http://www.abangfadli.com/internet/goo-gl-url-shortener-dari-google.html, lebih enak dipandang juga kan?

Kenapa harus Goo.gl ? Apa fitur Goo.gl?

Google sekarang telah menjadi salah satu raksasa internet dengan berbagai layanan miliknya, seperti Blogger, Youtube, Picasa dan lain-lain, anggap saja Google telah memonopoli sebagian besar web service. Nah, kan lebih enak memakai layanan terpercaya dari Google daripada layanan kecil lain yang kapan saja dia bisa tutup/bangkrut?

Alasan lain adalah untuk optimalisasi SEO anda, kan ini punya Goo.gl , jadi tidak pengaruh terhadap Google PageRank dan SEO kan? :)

Terus alasan terakhir, buatlah aksesibilitas yang mudah dengan menggunakan sebuah akun. Maksudnya, kan udah punya akun Google? Nah akun tersebut bisa dipakai di semua layanan Google. Kan lebih enak mengontrol semuanya dalam satu kendali.

Kemudian, fitur yang disajikan (walah kayak makanan :hammer: ) oleh Goo.gl ini antara lain :

– Sekali dibuat, tidak ada orang lain yang bisa mengubah alamatnya

– Sekali dibuat, tidak akan pernah expire / hilang. Namun sebagai catatan bahwa Google berhak menghapus link pendek anda dengan alasan digunakan untuk spam, keamanan atau yang lain.

– Ada analytic kecil tentang yang klik pakai browser dan OS apa atau berapa banyak yang sudah klik link dengan jangka waktu per dua jam, hari, minggu, bulan dan semua waktu.

– Ada daftar link yang sudah anda buat di bagian bawah, pastikan anda log-in dulu ke akun Google anda.

Bagaimana cara memakain Goo.gl ?

Gampang banget, tinggal menuju ke Goo.gl lalu kamu Paste-kan link panjang mu ke dalam kotak yang ada di sana, terus klik “Shorten” dan selesai ! Alamat pendekmu yang baru akan ada di samping kanan.

Oh ya, jangan lupa Like FansPage saya di Facebook, klik ->http://goo.gl/qpUiK

dan follow akun twitter saya, klik ->http://goo.gl/ayiZs

Wassalamu’alaikum, AFB :kr

Incoming search terms:

  • Https://goo gl/jyuzmj
  • apa itu goo gl
Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

3 Responses

  1. dwiw says:

    makasih infonya, sangat bermanfaat !

  2. Red says:

    google URL shortener wajib buat nyepam

    :beer:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco