Fitur Baru Firefox 11: 3D Tilt dan Add-ons Sync

Assalamu’alaikum :)

Pagi-pagi lihat Twitter, CNET sama Firefox membahas Fitur terbaru yang disajikan oleh Firefox 11. Yang paling mencolok adalah Tilt (Untuk Developer) dan Add-on Sync (Untuk Umum). Sayang sekali tampilan tidak ada yang berubah di Firefox 11 ini tetapi fitur yang ditawarkan cukup membuat saya “wah”.

Download Firefox 11 :

Nah kita lihat dulu Release Notes dari Firefox itu sendiri, saya kasih yang penting-penting aja yah :

1. [UMUM] Firefox bisa meng-import Bookmark, History (Riwayat Internetan), Cookies dari Google Chrome
2. [UMUM] Firefox bisa sinkronisasi Add-ons (Pengaya) dari satu komputer ke komputer yang lain
3. [UMUM] Attribut CSS “text-size-adjust-property” sudah di support
4. [Developer] Style Editor untuk CSS sudah tersedia
5. [Developer] Anda bisa meng-visualisasikan website ke dalam tampilan 3D

Nah, dua fitur yang saya cetak tebal diatas yang akan difocuskan ke postingan kali ini.

Firefox Sync

Untuk yang pertama, Firefox dapat sinkronisasi Add-ons (Pengaya) dari satu komputer ke komputer yang lain. Ini maksudnya, kalau misal mempunyai banyak add-on (pengaya) yang terpasang di Firefox, dan kita butuh semua add-on itu. Nah, suatu ketika kita punya komputer baru atau komputer kita baru aja di Inul (Install Ulang). Pasti repot banget kan kalo kita harus nyatet satu-satu apa aja Add-on yang udah di install, lalu kita install lagi add-on itu satu-satu.

Nah, Firefox akhirnya bisa memberikan jalan keluar terhadap masalah ini dengan menambahkan fitur terbarunya ini. Jadi anda tinggal membuat akun Firefox Sync yang bisa diakses langsung dari Firefox itu sendiri.

Memang bagi anda yang sering memakai Google Chrome, fitur yang serupa sudah diberikan sejak akhir tahun 2010. Firefox memang ketinggalan dalam hal ini.

Oh ya, sayang sekali untuk pengguna Android, Firefox tidak akan mendapatkan update secara besar-besaran. Tetapi untuk pengguna Mobile, sudah ada update yang tersedia. Segera update Firefox on your mobile phone!

Firefox Tilt

Untuk yang kedua, namanya “Tilt”. Apa itu Tilt? Prototype yang sudah dikembangkan dari Juli 2011 ini akhirnya sudah bisa dipakai secara umum. Mungkin sebagian dari anda sudah ada yang pernah mencoba fitur Firefox terdahulu yang bernama “Inspect Elements”? Inspect Elements ini berfungsi bagaimana struktur dari sebuah website, tetapi dalam 2D. Nah Tilt ini mengembangkan fitur ini dari 2D menjadi 3D. Bedanya dengan alat “View Source”, View Source hanya menjelaskan bagaimana bagian-bagian itu ditulis menjadi sebuah website dan membayangkan sendiri bagaimana jadinya website tersebut. Tetapi dengan tilt, anda akan lebih bisa memahami bagaimana bagian-bagian dari website itu bersatu menjadi satu website yang utuh. Jadi anda akan tahu, sebuah website itu ada berapa tumpuk layer, tag mana yang berada di bagian teratas, bagaimana struktur website itu secara detil dll.

Cara mengaktifkan Tilt bisa dari Menu -> Web Developer -> Inspect, lalu pilih tulisan 3D di bagian bawah. Atau dengan shortcut : Ctrl+Shift+M

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat video resmi dari Mozilla Developer berikut ini

Nah, keren kan? Dengan ini anda bisa melihat dunia di dalam website, bagaimana website itu dibentuk, ada berapa “lantai” di website tersebut dll.

Kurang? Mau yang lebih keren lagi? Tenang! Firefox ada disini untuk kalian para developer. Kini dengan bantuan Tilt dan Style Editor anda bisa mengedit style (CSS) secara real-time di browser, dan langsung melihat hasilnya. Lihat video di bawah ini:

Bagi anda yang ingin meng-export hasil 3D kedalam file 3D seperti .obj, Firefox pun menyediakan fitur ini untuk anda. Anda bisa meng-export hasilnya menjadi gambar (PNG) atau objek 3D (OBJ) untuk digunakan dalam program pengolah 3D seperti Blender.

Untuk mengenal lebih jauh tentang Tilt bisa merujuk ke link ini -> http://blog.mozilla.com/tilt/ | Di sana anda akan menemukan banyak video tentang penggunaan Tilt.

Ada juga hasil bikinan pengguna Mozilla Firefox yang melibatkan Tilt -> http://dl.dropbox.com/u/2388316/Img2Tilt/index.html

Tinggal drag and drop gambar dari komputer anda, lalu lihat gambar itu dengan menggunakan fitur Tilt, dan lihat sendiri hasilnya! (Jangan lupa harus pake Firefox 11 yah)

Memang tidak salah kata orang-orang tentang, Firefox adalah browser untuk developer!

Download Firefox 11

AbangFadli, out :cool:

Wassalamu’alaikum :kr

Incoming search terms:

  • firefox 11 3d
Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

1 Response

  1. irfaan says:

    cool…. bisa diikuti nee :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco