Feed Notifier – Dapatkan Update RSS Feed di Desktop

Assalamu’alaikum :)

Dapatkan Update RSS Feed di Desktop.

Mungkin ada yang sudah membaca postingan saya sebelumnya tentang RSS Feed? Kalau belum silahkan baca di Selalu Up-To-Date dengan RSS Feed.

Nah, sekarang kita tau kan kalo RSS Feed itu mudah dan sangat menguntungkan. Jadi kita bisa melihat apa saja yang baru yang ada di sebuah situs tanpa harus ke situs tersebut, melainkan cukup dari browser saja.

Tapi.. ada yang lebih praktis, kita tidak usah membuka browser untuk tau apa saja yang baru, cukup dengan satu software gratis dan open source yang disebut dengan Feed Notifier.

Feed Notifier ini berguna banget buat pengguna setia Google Chrome, karena Google Chrome sendiri ga bisa menampilkan RSS Feed di bar layaknya Mozilla Firefox. Jadi, sangat disarankan untuk menggunakan software ini jika anda berlangganan di situs yang ada RSS Feednya.

How to get it? Bagaimana cara mendapatkannya?

Hal yang paling sering dilakukan adalah dengan cara googling dengan keyword “Feed Notifier” pasti ketemu di urutan paling atas, atau kalian bisa langsung menuju halaman downloadnya dan pilih yang ada tulisan “recommended”.

Install softwarenya dan kemudian jalankan. Jika ada yang kesulitan dalam install softwarenya, jangan sungkan bertanya :)

How to set it up?  Bagaimana Menyetingnya?

Sangat mudah, sekali. Ketika sudah menginstallnya, pastikan programnya sudah berjalan, anda tinggal klik kanan Icon programnya di system tray, kemudian pilih “Add Feed”.

FYI : System Tray adalah bar di pojok kanan bawah, biasnya terdapat icon volume dan icon-icon yang lain, jam, tanggal dan lain-lain.

 Lalu, akan disuruh memasukkan Feed URL. Kalian bisa ambil contoh Feed blog AbangFadli :

http://www.abangfadli.com/feed

http://feeds.feedburner.com/abangfadli

Copy dan Pastekan alamat URLnya di kolom tersebut. Lalu pilih Next. Lalu dia akan mengecek apakah alamat itu benar-benar Feed yang valid. Setelah itu anda akan dibawa ke dalam windows setting. Bisa dilihat di bawah :

Ket :

  • Feed URL adalah alamat Feed RSS nya
  • Feed Title adalah judul Feed ketika ditampilkan di pop-up screennya
  • Feed Link adalah alamat yang dituju ketika Feed di klik
  • Polling Interval adalah jangka waktu Feed Notifier mengecek apakah ada Feed baru atau tidak, jika di set 1 Hour, maka setiap 1 jam dia akan mengecek feed tersebut, jika ada feed baru maka akan muncul pop-up seperti gambar di bawah :

Dan Voila, anda selesai :D

Terimakasih sudah membaca,
Wassalamu’alaikum, AFB :kr

Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco