Facebook Berusaha Membasmi Spam di News Feed

Assalamu’alaikum :)

Siapa yang masih pake Facebook? Saya masih dong :D… Terlepas dengan banyaknya social media yang baru seperti Twitter, Instagram, Path dan lain sebagainya, Facebook masih menempatkan diri pada urutan teratas sebagai Social Media yang sering saya kunjungi. Salah satu alasannya adalah Facebook mampu memberikan konten-konten yang menurut saya menarik dan universal.

Berbicara mengenai konten di Facebook, anda tentunya sering melihat konten-konten yang bersifat spam di News Feed / Beranda anda bukan? Ada kabar baik dari blog official Facebook, bahwa mereka akan melakukan kegiatan baru yaitu mengurangi postingan spammy yang ada di News Feed anda. Postingan yang mereka fokuskan kali ini terbagi menjadi 3 area:

Like-baiting

Pernahkah anda melihat sebuah postingan di Facebook yang isinya “Like jika anda setuju” atau “Share jika anda tidak setuju”? Pernah kan? Tipe postingan seperti ini dikategorikan Facebook sebagai Like-baiting, atau sebuah postingan yang muncul di News Feed yang secara langsung meminta para pembacanya untuk like, comment atau share dengan maksud agar postingan tersebut dibagikan lebih banyak orang daripada seharusnya.┬áContoh lain dari postingan yang bersifat Like-baiting dalam gambar:

Like Baiting Post Facebook

Gambar: newsroom.facebook.com

Seperti yang anda lihat pada gambar di atas, sebuah Page di Facebook meminta para penggunanya untuk membagikan gambar di atas. Apa yang terjadi adalah, banyak orang yang dengan mudahnya melakukan aksi-aksi yang diminta (like, comment, share) yang kemudian membuat postingan tersebut dianggap oleh Facebook sebagai postingan yang berkualitas dan ditunjukkan ke lebih banyak orang dan disorot di News Feed. Padahal, belum tentu postingan tersebut benar-benar berkualitas atau relevan untuk orang yang menerimanya.

Sebuah survey mengatakan bahwa kualitas dari postingan semacam ini 15% lebih sedikit daripada kualitas yang dimiliki oleh postingan yang bukan “Like-baiting” namun memiliki jumlah like, share dan comment yang relatif sama. Hasilnya, orang-orang akan berpikir bahwa Facebook memberikan konten yang tidak berkualitas dan tidak relevan menurut penggunanya dan membuat mereka berpikir bahwa Facebook tidak asyik lagi.

Frequently Circulated Content

Banyak sekali konten-konten yang dibagikan di Facebook, mulai dari yang lucu hingga yang ekstrim. Para pengguna Facebook biasanya akan membagikan ulang konten-konten yang bagus. Misalnya saya, tiga hari yang lalu saya melihat teman saya membagikan sebuah video anak berumur 5 tahun yang sangat hebat memainkan piano bak seorang maestro. Namun, hari ini, tepatnya pagi ini saya melihat video tersebut di bagikan lagi. Dan saya pun terkadang menjadi bosan tentang konten-konten yang ditawarkan Facebook. Nah, Facebook juga berusaha mengurangi tipe postingan seperti ini, lebih tepatnya mereka berusaha mengurangi Pages yang cenderung membagikan konten yang itu-itu saja.

Spammy Links

Spammy Links adalah…. spammy links :hammer:

Misalnya sebuah Page di Facebook yang ingin mengelabuhi anda untuk mengklik sebuah link yang ternyata menuju sebuah website yang isinya hanya iklan, iklan dan iklan. Pokoknya link yang di klaim akan melakukan A, ketika di klik malah melakukan B atau malah tidak melakukan apa-apa

Facebook lebih lanjut menerangkan bahwa jika Page anda tidak melakukan ketiga hal di atas, maka anda tidak perlu khawatir anda akan kekurangan viewer untuk postingan anda. Malah anda mungkin akan melihat sedikit pengingkatan.

Sebaliknya, untuk Page yang melakukan salah satu dari tiga kegiatan di atas secara berkala atau memang berniat untuk membuat post spam akan melihat post mereka turun dalam beberapa bulan ke depan.

Hal ini dilakukan Facebook untuk memastikan bahwa News Feed kita tidak terisi dengan spam, melainkan terisi dengan postingan dari teman dan Page yang memang kita ingin lihat. Terimakasih, Facebook!

 

AbangFadli, out :kr
Wassalamu’alaikum :kr

Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco