Cara Mematikan Auto Update Aplikasi Windows 8.1

Assalamu’alaikum :)

Personally, Windows 8.1 adalah sebuah OS terbaik dari Microsoft sampai detik ini, apalagi setelah adanya Update 1 yang menambahkan beberapa kapabilitas membuat OS ini semakin top. Salah satu hal yang membedakan Windows 8 dari versi-versi sebelumnya adalah adanya Store Apps (Modern Apps) yang bisa di install melalui Store. Jadi, sekarang komputer kita ada “toko” yang menyediakan aplikasi-aplikasi bermutu dan virus-free. Android punya Play Store, iPhone punya App Store, Windows 8 dan Windows Phone 8 punya Store.

Windows 8.1 memberikan satu fitur yang cukup baik, yaitu Auto Update Apps untuk Store Apps yang secara default aktif. Fitur ini menurut saya ada baik dan buruknya, tergantung kondisi orang yang memakainya sih.

Keuntungan Auto Update

Anda tidak perlu repot-repot membuka Store dan update manual aplikasi anda karena sudah otomatis dilakukan oleh Windows 8 itu sendiri. Kita akan mendapatkan versi terbaru yang tentunya lebih bagus daripada versi yang lama.

Lalu, ruginya di mana?

Nah, ruginya adalah bagi orang-orang yang koneksi internetnya menggunakan kuota, seperti saya :hammer:. Karena saya menggunakan paket volume dari Smartfren, maka kuota saya terbatas. Dan saya suatu hari sempat heran kenapa kuota saya berkurang banyak. Setelah saya selidiki, ternyata kuota saya juga termakan akibat fitur Auto Update ini. Bayangkan saja, aplikasi yang terinstall di Windows 8.1 saya ini ada yang besar seperti Six Guns, Minion Rush dll. Coba bayangkan kalau update habis berapa ratus MB :(

Cara Mematikan Auto Update Windows 8.1

Karena alasan di atas akhirnya saya memutuskan untuk menonaktifkan fitur ini. Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah membuka aplikasi Store.

Buka Setting pada Charm Bar, anda bisa melakukan ini dengan dua cara. Pertama anda arahkan mouse anda ke pojok kanan atas dan geser ke bawah, lalu pilih Settings.

Windows 8 Store Setting

Cara yang kedua menggunakan shortcut keyboard yaitu dengan kombinasi tombol Windows + I.

Setelah anda memilih Setting, silahkan anda pilih App Updates. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

App Updates

Nah di sini bisa diatur apakah mau mengaktifkan Automatic Update atau tidak pada Automatically update my apps. Jika ingin dimatikan tinggal di No in deh. Kalau mau aktifin balikin lagi aja ke Yes. Simple :)

Nah kalau udah gini kan kuota saya nggak kemakan lagi buat Update Apps, dan kalau saya mau Update masih bisa secara manual :D

AbangFadli, out :cool:
Wassalamu’alaikum :kr

Incoming search terms:

  • windows 8 minta update terus
  • cara agar windows 8 tidak update
  • cara mematikan paksa update windows 8 1 pro
  • cara menonaktifkan update otomatis window store 8 1
  • Kenapa window 8 di laptop selalu Minta
  • mematikan update aplikasi w8
  • update sendiri 8 1
  • windows 8 up
  • Windows 8 update
Ilmu jangan disimpan sendiri, bagikan ke teman-teman anda:

Comments

comments

Ahmad Fadli Basyari

Mahasiswa IT di President University. Memiliki hobi membuat aplikasi mobile, blogging dan menonton film.

4 Responses

  1. Min kalo misal matiin auto update itu nanti ada efeknya ndak ya ke program program lainnya?

  2. vivo says:

    Sama, auto update ngabisin kuota banget!!!

  3. terima kasih gan, tapi saya buka di store windows 8.1 saya kok gak ada yaa… apa karena saya menggunakan software bajak laut.. jadinya gak bias akses nih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA *

[+] kaskus emoticons nartzco