Test Seberapa Cepat Anda Mengetik


Assalamu’alaikum :)

Fast Typing ImageImage : labnol

Apa itu Mengetik Cepat (Fast Typing)?

Mengetik Cepat adalah kemampuan untuk Mengetik dengan Cepat. Namun, walaupun dilakukan dengan cepat, hasil ketikan haruslah benar dan tidak terdapat kesalahan.

Kenapa Mengetik Harus Cepat?

Mungkin ada beberapa dari anda yang saat ini berpikiran, ah biarpun mengetik lama yang penting selesai dan hasilnya sama saja. Pendapat anda tidak salah, namun anda akan rugi dalam waktu.

Coba saja kita kalkulasikan, untuk mengetik satu halaman penuh dengan kata-kata di Microsoft Word yang totalnya berisi 500 kata per halaman, anda membutuhkan waktu 15 menit. Dengan kata lain, anda memperoleh kecepatan mengetik 33 Kata Per Menit (Word Per Minute / WPM). Coba saja bayangkan anda dapat memperbaiki kecepatan anda dalam mengetik menjadi 50 WPM, 500 kata yang berada dalam satu halaman tersebut bisa anda selesaikan dengan waktu 10 menit. Artinya, kita memiliki perbedaan 5 menit pada setiap halaman. Anggap saja Microsoft Word itu memiliki 6 halaman, maka anda sudah memiliki perbedaan selama 30 menit . Namun, apakah selama ini anda hanya mengerjakan satu dokumen saja di Microsoft Word? Mungkin saja anda sudah pernah mengerjakan 10 dokumen dalam bulan ini, berarti anda sudah kehilangan waktu 300 menit atau 5 jam!

5 Jam itu bisa digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Misal saja istirahat, makan, mengerjakan sesuatu hal yang lain. Jadi intinya, kita mengetik secara cepat agar tidak rugi dalam waktu.

Salah satu kualifikasi dalam melamar pekerjaan

Nah, karena Mengetik Cepat berhubungan dengan keefisian waktu. Beberapa perusahaan di dunia saat ini telah menetapkan kemampuan untuk mengetik cepat sebagai salah satu kualifikasi agar dapat berkerja di perusahaan tersebut (terutama jika posisi yang dilamar adalah sekertaris). Ini semua menyangkut keefisian dalam waktu.

Taraf / Ukuran dalam Mengetik Cepat

Nah, sekarang yang jadi masalah. Apasih alat/satuan untuk mengukur kecepatan mengetik?

WPM atau Word Per Minute adalah satuan yang secara luas digunakan di dunia untuk mengukur seberapa cepat seseorang dalam mengetik. Saya kutip dari Wikipedia, ada sebuah studi/research/penelitian yang membagi kecepatan mengetik menjadi 3 kategori; cepat, sedang dan lambat. Masing-masing WPM dari 3 kategori tersebut adalah 40, 35 dan 23 WPM.

Dari sumber lain juga mengatakan bahwa kecepatan rata-rata dalam mengetik adalah sekitar 30-40 WPM. Sedangkan orang yang dapat mengetik dengan cepat dapat mencapai angka 70-80 WPM.

Pengetik Tercepat

Orang tecepat dalam mengetik adalah Stella Pajunas pada tahun 1946 dengan kecepatan 216 WPM. Namun, yang masuk dalam Guiness Book Record adalah Barbara Blackburn yang dapat menjaga kecepatan yang stabil selama 50 menit dengan kecepatan 130 WPM. Kalau dia masuk dalam mode overclock/benar-benar cepat, maka dia dapat merai 212 WPM

Mengetes Kecepatan

Ada banyak cara untuk mengetes kecepatan anda dalam mengetik. Mulai dari cara ribet yang anda lakukan sendiri dengan stopwatch, atau cara yang simple dengan membuka situs 10Fast Fingers yang saat ini banyak sekali digunakan oleh orang diseluruh dunia. Anda dapat berkompetisi dengan orang lain dalam mengetik cepat, baik bahasa Inggris ataupun bahasa yang lainnya (Bahasa Indonesia ada).

Cara Meningkatkan Kecepatan dalam mengetik

Ada banyak sekali cara untuk meningkatkan kecepatan anda dalam mengetik. Beberapa diantaranya :

  1. Latihan
    Semua orang tahu jika anda latihan pada sesuatu, anda akan semakin mahir dalam sesuatu tersebut. Anda dapat latihan melalui situs 10FastFingers yang saya sebutkan diatas, atau anda dapat mencoba cara yang lebih menyenangkan dengan mencoba Games/Permainan yang melibatkan mengetik. Buka saja situs Free Typing game [dot] net untuk mendapatkan game-game yang seru.
  2. Gunakan 10 Jari
     Kita sebagai manusia dilahirkan dengan 10 jari. Pernahkah anda berpikir kenapa keyboard di design seperti sekarang yang sedang anda gunakan?
    Hal itu untuk menyesuaikan dengan jari manusia. Coba saja anda raba tombol F dan J pada keyboard anda. Di sana pasti anda akan menemukan gundukan kecil, benar kan?
    Itu karena F dan J  adalah tempat awal/penunjuk dimana jari telunjuk seharusnya berada.
    Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah :Finger Placement for Keyboard

    (Gambar dari : Yourravi)
    TAMBAHAN : Letakkan ibu jari anda di Space / Spasi.
    Pada posisi awal, telunjuk kita berada di F dan J, jari tengah berada di K dan D (silahkan lihat gambar untuk sisanya). Dengan melakukan hal ini anda dapat menjangkau seluruh tombol yang ada di keyboard anda dengan jari terdekat anda. Setelah meletakkan jari-jari tersebut pada tempatnya, ini adalah gambar dimana saja area-area yang dijangkau oleh jari tersebut:
    Fingers Placement and Which FingersGambar diatas menjelaskan jangkuan untuk masing-masing jari anda. Misal jari telunjuk kiri anda akan bertugas menekan tombol 4,5 R,T, F,G,V dan B sedangkan jari telunjuk kanan anda akan menekan 6,7,Y,U,H,J,N dan M. Sisanya bisa anda lihat sendiri.
    PERHATIAN : Pertama anda mencoba memang akan terasa aneh dan kecepatan anda akan sangat lambat dalam mengetik. Namun, dengan latihan anda akan mulai terbiasa untuk mengetik dengan 10 jari dan mulai cepat
  3. Touch Typing
     Touch Typing adalah kemampuan untuk mengetik tanpa melihat tombol, dengan kata lain si pengetik mampu mengetik dengan menggunakan indra perabanya. Hal ini akan sangat menghemat waktu anda karena anda tidak perlu lagi melihat ke keyboard untuk mengetik, lalu lihat ke layar, lihat keyboard lagi, layar lagi :nohope:
    Kalau anda sudah mengaplikasikan 10 jari dalam metode mengetik anda, anda akan dengan sangat mudah menguasai Touch Typing ini, bahkan mungkin tanpa anda sadari, anda sudah menguasainya ketika belajar 10 jari.

Nah, itu dia yang dapat saya sampaikan tentang sebarapa cepat saya mengetik.

Kecepatan saya sendiri tidak begitu hebat, hehehe..

Ini saya belum sepenuhnya menggunakan 10 jari, mungkin baru 6 atau 7 jari saja yang bergerak kesana kemari, sisanya diam mengambang hehehe.. Ini berarti, anda yang (akan segera) menguasai teknik 10 jari bakal lebih cepat daripada saya :)

Selamat berlatih!

AbangFadli, out :cool:

Wassalamu’alaikum :kr

Referensi :

  • http://en.wikipedia.org/wiki/Words_per_minute
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Touch_typing
  • http://wiki.answers.com/Q/What_is_the_average_typing_speed

Incoming search terms:

  • kecepatan mengetik rata-rata
  • tes mengetik
  • tes mengetik cepat
  • cara menghitung kecepatan mengetik
  • mengetik cepat dengan 200 epm
  • rata rata kecepatan mengetik
  • Cara menghitung kecepatan mengetik per menit
  • bagaimana cara mengwtahui lama menggetik dalam satu menit
  • tes mengetik sendiri
  • ukuran mengetik yang normal