Facebook dan Twitter penuh Scam Kematian Whitney Houston


Assalamu’alaikum :)

Bahaya Scam

Kematian Whitney Houston menyebar dengan sangat cepat sekali melalui Internet semenjak hari Sabtu lalu. Orang yang malas menonton berita atau mereka yang ingin mendapatkan informasi lebih banyak tentang kasus ini pun biasanya lari ke Social Network seperti Facebook dan Twitter. Situasi seperti ini sering dimanfaatkan oleh para scammer/penipu untuk menggaet korbannya.

Kejahatan sepertinya tidak ada habisnya, seperti yang diberitakan oleh Trend-Micro tentang kriminalitas dunia maya terhadap kematian Whitney Houston, para penipu mengincar orang yang haus akan informasi dan yang kurang berhati-hati dalam mengklik sebuah link dalam Media Sosial.

Contohnya pada Facebook, ada seseorang yang menyebarkan link dengan tulisan “I cried watching this video. RIP Whitney Houston,” yang diikuti dengan link yang seakan-akan adalah video di YouTube. Namun apa yang sebenarnya akan terjadi adalah, anda akan dibawa ke sebuah Page di Facebook dengan link video tersebut, namun ketika anda mengklik link tersebut anda akan dibawa situs yang meminta anda melakukan survey.

Kematian Whitney HouseGambar dari : Trend Micro

Beda lagi dengan di Twitter, dengan RIP Whitney Houston menjadi Trending Topic, ada saja orang yang membuat tweet dengan menambahkan link yang terlihat mencurigakan, setelah diselidiki oleh Trend-Micro, ketika anda mengklik link mencurigakan tersebut anda akan dibawa ke sebuah blog yang berisi yang didedikasikan untuk Whitney, tetapi sebelum anda sempat membaca apapun, anda akan diarahkan langsung secara otomatis ke sebuah situs yang menawarkan untuk mendownload Wallpaper Whitney Houston. Setelah anda mendownload wallpaper tersebut, anda akan ditawarkan kembali untuk mendownload ringtone. Ujung-ujungnya anda akan diminta melakukan sebuah survey dan dimintai no.HP anda.

Twitter Scam Kematian Whitney HoustonGambar dari : Trend Micro

“Jadi, apa ruginya sih? Cuma sebuah survey juga” 

Memang itu hanyalah sebuah survey, tetapi jika anda turut berpartisipasi dalam survey tersebut anda hanya akan menambahkan diri anda ke dalam daftar orang yang tertipu. Lebih buruknya lagi, mungkin ditengah-tengah atau akhir survey akan ada virus/malware yang menyusup dalam PC anda secara diam-diam. Hal ini pasti ingin anda hindari bukan?

Maka dari itu, saya tetap menyarankan untuk tetap ekstra hati-hati dalam menggunakan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Jangan pernah mengklik link yang sangat mencurigakan. Lebih baik anda membaca berita di situs-situs yang sudah jelas adalah situs berita seperti VIVAnews, OkeZone, atau lain-lain. Jika sudah terlanjur, anda mungkin perlu membaca artikel ini tentang bagaimana cara mengembalikan Facebook yang di bajak / terkena virus. Semoga scam tentang Kematian Whitney Houston ini membuat kita lebih berhati-hati dalam berinternet ria.

Stay safe!

AbangFadli, out :cool:

Wassalamu’alaikum :kr

Incoming search terms:

  • kematian whitney houston
  • foto kematian whitney houston
  • cara mendownload wallpaper dr phone themeshop
  • kematian witney heuston