Amankah Menyimpan Password di Browser?


Assalamu’alaikum :)

Browser Save Password windows

Amankah Menyimpan Password di Browser? (abangfadli). Saya yakin banyak dari anda sudah pernah melihat salah satu dari gambar di atas. Gambar tersebut dapat terlihat ketika anda selesai melakukan log-in pada suatu website, lalu browser yang anda pakai entah itu Google Chrome, Mozilla Firefox atau Internet Explorer akan menanyakan pertanyaan ini, “Apakah anda ingin menyimpan password barusan?” 

Pertanyaan tersebut adalah sebuah fitur yang dinamakan Save Password, yang berfungsi memudahkan anda untuk mengakses situs yang sering anda kunjungi. Misalnya hari ini anda membuka Facebook, anda mengetik email dan password ketika ingin masuk, kalau anda menyimpan password Facebook anda di browser, maka besok ketika anda ingin membuka facebook lagi anda tidak perlu mengetik email dan password tersebut, sudah otomatis terisi dan tinggal klik Login. Sungguh fitur yang sangat memudahkan.

Firefox, Chrome dan Internet Explorer sudah memiliki fitur ini. Walaupun fitur ini sangat memudahkan, tapi bisa juga membahayakan. Seberapa membahayakan? Tergantung browser yang anda gunakan.

Beberapa browser membolehkan anda untuk melihat semua password yang telah diingat. Ada juga software yang berfungsi untuk melihat semua password yang telah disimpan di browser-browser anda. Bahkan ada juga browser yang bisa menyimpan data kartu kredit. Nah, kalau ada orang/teman anda yang menggunakan komputer anda dan tau bagaimana cara melihat password-password tersebut, bisa ketahuan deh semua password anda. Apalagi kalau yang ketahuan itu kartu kredit, bisa tekor :siul:

Ayo kita bahas satu per satu browser-browser tersebut.

Internet Explorer

Internet Explorer 9 menawarkan keamanan yang paling dasar dalam menyimpan password. Fitur AutoComplete dapat mengingat password yang anda ketikkan di semua situs yang anda kunjungi. Tetapi, anda tidak bisa melihat apa saja password yang telah diingat melalui Internet Explorer itu sendiri. Paling tidak anda bisa menghela nafas karena teman anda tidak bisa melihat password-password anda, TETAPI seperti yang saya bilang sebelumnya, kalau teman anda jago IT dan mengetahui sebuah software untuk melihat password yang ada dalam browser. Maka hasilnya sama saja, passwordnya akan terlihat semua.

Di Internet Explorer 10 yang tersedia untuk Windows 8, sudah ada fitur untuk melihat password di IE tanpa software tambahan. Tetapi untuk menggunakan/melihat password-password tersebut anda harus memasukkan password untuk akun Windows di komputer anda.

Google Chrome

Google Chrome, browser yang cepat, paling populer di dunia. Bagaimana kemanan dengan fitur penyimpanan passwordnya? Ayo kita bahas.

Google Chrome menawarkan keamanan yang lebih canggih dibandingkan Internet Explorer. Selain menyimpan password, Google Chrome juga dapat menyimpan informasi kartu kredit, yang mana mengandung informasi yang sangat sensitif. Google Chrome juga bisa memperlihatkan apa saja password yang tersimpan di Google Chrome, dengan menuju di Setting -> Search “Password” -> Klik “Manage Saved Password”

Google Chrome tidak memiliki fitur master password seperti halnya Firefox untuk melindungi password-password yang tersimpan di komputer anda.

Google Chrome membolehkan anda untuk mensinkronsisasi password anda dengan komputer/perangkat lain (Smartphone). Hal ini dilakukan dengan cara yang aman, yaitu dikirim ke server Google dan jika ingin mengakses maka anda harus login ke akun Google yang anda miliki. Namun, kalau akun Google anda di hack orang, yasudah… tamatlah riwayat password-password anda :(

Mozilla Firefox

Mozilla Firefox, browser para developer. Firefox memberikan anda fitur penyimpanan password yang paling canggih diantara ketiga browser yang kita bahas.

Sama dengan Google Chrome, anda dapat melihat password-password yang tersimpan, ditambah dengan fitur Master Password yang mengharuskan anda memasukkan password utama anda ketika anda ingin menggunakan/melihat password-password yang lain.

Pada awal instalasi, fitur Master Password belum diaktifkan. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan cara : Option -> Tab Security -> Centang “Use a Master Password” 

Sama seperti Google Chrome, Firefox juga dapat sinkronisasi password-password yang tersimpan ke perangkat atau komputer lain melalui Firefox Sync. Untuk keamanan ekstra, anda akan diberikan kode tambahan ketika ingin memindahkan password dari satu komputer ke komputer yang lain.

Kesimpulan

Jadi, diantara ketiga browser yang telah kita bahas, Firefox memiliki keamanan yang paling canggih. Saya menyarankan Firefox untuk anda yang gemar menyimpan password di dalam browser.

Untuk menambah keamanan password anda yang tersimpan di browser, ada beberapa tips dari news.idg.no :

  1. Jangan pernah menyuruh browser menyimpan password di komputer milik orang lain
  2. Gunakan password yang berbeda pada setiap situs yang anda kunjungi (lihat postingan saya sebelumnya… Hati-Hati dalam Memilih Password, ini Tips-nya)
  3. Beri password pada windows di komputer anda
  4. Buat akun terpisah pada setiap orang yang menggunakan komputer, misalnya satu akun untuk anda, satu lagi untuk saudara anda.
  5. Manfaatkan akun Guest apabila komputer anda sering digunakan oleh orang lain
  6. Gunakan antivirus yang baik, dan selalu update antivirus anda
  7. Gunakan software penjaga password, seperti KeePass

Referensi : http://news.idg.no/cw/art.cfm?id=45D008C1-C53E-52EB-5EAA771A487D4DD9

AbangFadli, out :cool:

Wassalamu’alaikum :kr

Incoming search terms:

  • cara menyimpan password otomatis di google chrome
  • cara menyimpan password otomatis
  • amankah internet explorer
  • setting chroome simpan password
  • cara memindahkan password tersimpan di google chrome
  • cara mematikan simpan password di fb
  • Cara Melihat Saved Password di Browser android
  • cara melihat save password di internet explorer
  • cara melihat save password di android
  • aplikasi menyimpan password org diandroid saya