Menulis CV atau Resume dalam Bahasa Inggris


Assalamu’alaikum :)

Menulis CV atau Resume dalam Bahasa Inggris ternyata tidak sama dengan menulis dalam Bahasa Indonesia. Ini terjadi ketika dosen saya di President University menyuruh saya membuat CV, dalam bahasa Inggris. Awalnya saya mengira menulis CV dalam bahasa Inggris tinggal mentraslate / menerjemahkan kata-kata yang terdapat CV dalam bahasa Indonesia. Tapi ternyata saya salah besar.

PERLU DIINGAT, CV  ini adalah level pemula dengan status pelamar mempunyai pengalaman karir profesional kurang dari 2 tahun.

Ini saya kasih contoh CV atau Resume format Bahasa Indonesia, format Bahasa Inggris yang diterjemahkan dari Bahasa Indonesia dan format Bahasa Inggris asli:

Nah untuk membuat CV atau Resume dalam bahasa Inggris yang baik dan benar dapat menggunakan contoh CV dari saya:

Bagian-Bagian CV

Okay, sekarang saya jelaskan per bagian dari apa yang saya tulis di CV saya.

Heading / Kepala

Diisi dengan Nama, bisa dicetak dan diperbesar hurufnya agar mencolok. Lalu berikan data pribadi SECUKUPNYA. Jangan memberi informasi tentang suku, agama dan lain-lain yang bisa menyebabkan anda didiskriminasi. Diskriminasi adalah hal yang wajar di luar negeri.

CAREER OBJECTIVE

Sub judul ini menunjukkan kepada orang yang membaca CV anda tentang apa yang anda incar atau anda inginkan. Misalkan saya melamar ke IT Department di President University, saya ingin mendapatkan pekerjaan sebagai staff. Maka saya langsung mengutarakan maksud saya.

“To obtain staff position in President University IT Department”

Jangan memasang sesuatu yang umum, seperti “To obtain IT Manager position”. Usahakan selalu memasukkan nama perusahaan tempat anda melamar.

Kata-kata Career Objective dapat diganti dengan Objective, Job Objective, Job Target, Employment Objective atau Professional Objective.

SKILLS

Sub Judul ini memberitahu apa kemampuan kita, bukan seperti Well organized, clever dll tapi kemampuan seperti Can operate Microsoft Office , Able to make programs in C++ or Java Programming Language. Pokoknya skill/kemampuan yang anda miliki.

Tempatkan Sub Judul Skill di bagian atas dari CV anda. Mengapa? Ingat, CV adalah kegiatan mempromosikan diri kita, pertama-tama pasti kita ingin mempromosikan keunggulan kita terlebih dahulu, daripada Educational Background atau yang lainnya kan?

PERSONAL QUALIFICATIONS

Nah, kali ini silahkan anda masukkan sisi positif dari diri anda, apakah anda baik, ramah, easy-going, problem solver, quick learner atau apapun itu. Usahakan menggunakan kalimat yang pendek dan to the point!

PROFESSIONAL EXPERIENCE

Ini adalah sejarah karir anda. Ingat, jika anda sudah mempunyai banyak macam pekerjaan di hidup anda, masukkan saja yang BERHUBUNGAN dengan posisi pekerjaan yang anda lamar. Misalnya, anda pernah menjadi Salesman di suatu perusahaan, dan anda ingin mendaftar menjadi IT Manager di perusahaan tempat anda melamar. Maka riwayat anda sebagai Salesman tidak perlu dicantumkan.

EDUCATION

Sip, sekarang kita masuk ke sub judul Education. Sekarang kita masukkan informasi tentang pendidikan kita. Jika di versi Bahasa Indonesia, kita akan menuliskan seluruh latar pendidikan dari TK hingga SMA. Benar kan? Tapi tidak seperti itu di versi Bahasa Inggris. Kalau anda sudah kuliah, otomatis pembaca tau anda sudah lulus TK, SD, SMP, SMA. Maka tidak perlu ditulis.

Tulis pendidikan anda yang paling baru yang pertama, jadi kalau anda sudah S2 tulis S2 dulu baru S1. Kalau anda mau menambahkan SMA tidak apa-apa, asalkan anda mempunyai pencapaian yang luar biasa, misalnya “Won 1 gold medal in International Olympiad”

SEMINARS

Anda boleh menambahkan, seminar yang telah anda ikuti. Tentu saja yang berhubungan dengan posisi yang anda lamar.

COMPLETED COURSE

Jika anda masih berada dalam jenjang pendidikan S1 dan belum mempunyai banyak pengalaman dalam karir anda, pasti CV anda akan terasa sangat “lapang” atau banyak tempat yang terbuang, untuk mengatasi ini anda bisa menambahkan sub judul ini dan diisi dengan mata kuliah apa saja yang telah anda pelajari selama di kampus. Tentu saja yang berhubungan dengan posisi tempat anda melamar.

TIPS DAN TRIK

  • Jangan pasang gaji yang anda pernah terima di pekerjaan apapun
  • Jangan memberikan informasi tentang : Tempat dan Tanggal Lahir, Status Perkawinan, Agama, Etnis, Tinggi, Berat badan, atau kesehatan.
  • Jangan menambahkan kata “RESUME” atau “CURRICULUM VITAE” di bagian heading anda.
  • Jangan gunakan CV hasil Fotocopy, gunakan yang asli print computer.
  • Jangan lebih dari 2 halaman, 1 halaman adalah yang terbaik. Para pembaca tidak mempunyai banyak waktu untuk membaca CV anda yang panjang dan berhalaman banyak :hammer:
  • Gunakan format yang bagus dalam CV anda, perhatikan margin atas, bawah, kanan dan kiri. Biasanya satu sampai satu setengah inci.
  • Paragraph Spacing jangan terlalu rengket atau terlalu lapang
  • KONSISTEN! Jika salah satu Sub Judul diketik dalam huruf balok semua, maka sub judul yang lain juga harus huruf balok semua.
  • Gunakan hanya satu jenis font di CV anda, gunakan yang standar dan dapat dibaca dengan mudah.
  • Gunakan kertas yang berkualitas untuk CV anda. Putih, Putih gading, atau abu-abu terlihat bagus.
  • Kalimat yang pendek lebih mudah dimengerti daripada kalimat yang panjang.
  • CV harus error-free! Artinya jangan sampai ada kesalahan dalam Grammar dari CV anda. Baca kembali CV anda dan suruh paling tidak tiga orang untuk mengoreksi CV anda.

 

Well, Hope this information helps you :)

AbangFadli out :cool:

Wassalamu’alaikum :kr

Incoming search terms:

  • cv dalam bahasa inggris
  • curriculum vitae dalam bahasa inggris
  • contoh cv dalam bahasa inggris
  • contoh curriculum vitae dalam bahasa inggris
  • contoh resume dalam bahasa inggris
  • resume dalam bahasa inggris
  • resume bahasa inggris
  • curriculum vitae bahasa inggris
  • penulisan tanggal lahir dalam bahasa inggris
  • contoh resume bahasa inggris