7zip Aplikasi File Archiver Simple dan Terbaik


Assalamu’alaikum :)

Mungkin sudah banyak yang tau apa itu 7zip, ini adalah software Pengarsip File / file archivers. Software ini sejenis dengan WinRAR, WinZip, IzArc dll.

Sebelumnya saya mau cerita dulu, ketika saya bermain di sebuah kantor, ketika saya buka komputernya pasti software pengarsip filenya adalah WinRAR, bukan hanya satu kantor, tapi beberapa kantor. Lalu kemarin ada yang sms aku bunyinya seperti ini :

Fad, kamu punya master WinRAR atau WinZip?

Kenapa WinRAR, WinRAR dan selalu WinRAR? Padahal WinRAR itu tidak gratis lo, mahal. Harga per lisensinya sekarang adalah $29 (Sumber). Mungkin kalo belinya rombongan agak murah, misal kalo beli 50-99 lisensi bisa dapat $10 per lisensi. Tapi kan sama aja mahal, menghabis-habiskan uang secara percuma. Apa karena dikira karena Software berbayar terus kualitasnya lebih baik daripada yang gratisan? Jangan salah bung, banyak sekali contoh Software gratisan yang sama bahkan melebihi kualitasnya daripada yang berbayar.

Sekarang, kita lihat kebutuhan kita secara umum saja terhadap software archiver seperti ini apa aja :

  1. Membuka File yang diarsipkan yang biasanya di download dari internet(.zip , .rar)
  2. Membuat File Archive dengan hasil kompresan terkecil
  3. Memberi Password pada File yang diarsipkan.
  4. dll….

Hanya seperti itu saja sebenarnya untuk penggunaan sehari-hari. Kalau penggunaan yang sederhana seperti itu, kenapa harus pake yang mahal? Gratisan juga ada :hammer:

Kalau kamu bingung mau pilih apa, lihat halaman ini dari Wikipedia. Ada perbandingan tentang kinerja, file yang didukung, harga, Sistem Operasi yang didukung.

Sekarang lihat apa yang selalu aku pakai untuk File Archive,  7zip. Dulu aku sempat pakai IzArc, tapi melihat ukuran 7Zip lebih kecil (Cuma 1 MB) maka aku pindah ke 7zip.

Fitur 7zip :

  • Bisa Membaca File : ARJ, CAB, CHM, CPIO, CramFS, DEB, DMG, FAT, GZIP, HFS, ISO, LZH, LZMA, MBR, MSI, NSIS, NTFS, RAR, RPM, SquashFS, UDF, VHD, WIM, XAR and ZIP.
  • Bisa Membuat File : 7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP and WIM
  • Dan Lain-lain bisa dilihat sendiri  di sini

7zip sendiri mengaku lebih baik dalam hal mengkompres file. Format andalannya adalah 7z, yang katanya lebih baik 30-70% daripada format zip. Dan 7zip mengkompres zip 2-10% lebih baik daripada software lain.

Penggunaannya sangat mudah, kalo mau buat file archive cuman klik kanan -> add to archive. Kalo mau extract tinggal klik kanan -> extract here.

Mau buat archive pake password juga bisa, tinggal di set aja passwordnya. Gampang banget, dan tentunya Gratis kagak bayar sama sekali,  apalagi ini adalah Open Source, artinya kita bisa memodifikasi Software ini (untuk yang ngerti bahasa pemrograman) secara bebas. Hebat bukan?

Well itu aja deh buat kali ini, kalo ada yang gratis dan lebih baik, kenapa pilih yang mahal dan harus nyari cr a ck atau Serial Num bernya? wkwkwkwk :ngakaks

Wassalamu’alaikum, AFB :kr

Incoming search terms:

  • apa itu 7zip
  • apa itu 7z
  • apa itu 7-zip
  • apa itu 7 zip
  • 7zip
  • aplikasi android pengekstrak 7z
  • extract 7z file di blackberry 10
  • cara membuka file 7z dibb
  • cara mengetahui password ekstrak zip sukses
  • download apk untuk estrsct file 7z